STUDI KASUS PENJUALAN KOSMETIK MENGGUNAKAN METODE ASSOCIATION RULE (APRIORI)

Warisa Warisa(1*), Siti Aminah(2), Karmila Karmila(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

 

 Dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju membuat banyaknya persaingan dalam dunia perdagangan kosmetik. Seperti pada online shop Atika Kosmetik yang menjual  berbagai macam produk kosmetik, yang mana dalam pendataan suatu produknya masih menggunakan hitungan secara manual. Sehingga sulit dalam mengetahui produk kosmetik yang sudah terjual serta sulit mengetahui kosmetik yang sudah tidak tersedia, Oleh karena itu dilakukan penerapan metode Association Rule (algoritma apriori) untuk mengetahui kombinasi produk yang mempermudah mengelola data penjualan kosmetik. Agar lebih mudah mengetahui jenis produk yang masih tersedia dan kosmetik yang paling banyak terjual. Maka dari itu dilakukan penerapan metode data mining Association Rule (algoritma apriori) dengan menggunakan software Weka dalam pengolahan data. Data transaksi penjualan online shop atika Kosmetik  dari tahun 2020 – 2021  sebagai bahan analisa pada penelitian ini. Dengan perhitungan algoritma apriori maka hasil yang diperoleh pada produk paling sering dibeli oleh pembeli yaitu cream tabita glow, cream ms glow, serum glow, lipstick Maybelline serum hanusui, hanbody syi lotion, bibit pemutih badan, obat gemuk herbal dan obat kurus herbal dan lainnya.

 

Keywords: Data Mining, Association Rule, A priori algorithm, Online shop Atika.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i4.5630

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.