SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA MTS. AL-FURQON BANJARMASIN

Dian Agustini(1*), Muthia Farida(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

Masalah yang ditemukan adalah  terdapat kesalahan yang cukup besar pada  kegiatan administrasi perpustakaan karena menggunakan beberapa buku induk. Hal itu juga  mengakibatkan  kegiatan  administrasi  menjadi  cukup  rumit.  Selain  itu penyimpanan  data  belum  teratur  dan  membuat  penyusunan  laporan  cukup sulit. Maka hal tersebut berdampak pada penurunan kinerja karyawan perpustakaan Mts. Al-Furqon Banjarmasin.

Penelitian ini bertujuan dengan menggunakan sistem informasi perpustakaan sekolah  tersebut dapat memberikan solusi terhadap masalah yang berkaitan dengan sistem informasi perpustakaan pada sekolah tersebut, mempermudah pembuatan laporan perpustakaan dengan menggunakan sarana komputer untuk informasi yang tepat, akurat dan terpercaya dengan menggunakan pemrograman Visual Basic.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan langusng (survei), wawancara dan studi pustaka. Selanjutnya melakukan analisis sistem dan perancangan desain sistem informasi perpustakaan yang dilanjutkan lagi dengan pembuatan sistem informasi perpustakaan sekolah, tahap pembuatan dan pengujian program.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Perpustakaan, Sekolah, Visual Basic


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i3.5174

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.