SISTEM INFORMASI AUDIT MUTU INTERNAL (SIAMI)

Andie Andie(1*), Muhammad Hasbi(2), Hasanuddin Hasanuddin(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Audit Mutu Internal adalah proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di PT sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi. Pada saat ini proses Audit Mutu Internal di Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjarmasin dilaksanakan secara manual dan paperless. Tahap pertama Panitia yang dibentuk dari Lembaga Penjaminan Mutu UNISKA menyusun data Auditor dan Auditee yang selanjutnya akan dibagi dan dipasangkan. Kemudian dilaksanakan rapat persiapan AMI guna menyamakan persepsi terhadap Auditor terhadap instrumen-instrumen yang telah disiapkan panitia. Pada hari pelaksanaan, Auditor langsung mendatangi Auditee (Program Studi) untuk melaksanakan pencocokkan data yang ada di Program Studi. Apabila selesai maka Auditor harus membuat laporan AMI berdasarkan hasil kunjungan ke Program Studi. Rapat Tinjauan Manajemen dilaksanakan terhadap masing-masing Prodi guna menindaklanjuti Temuan dari hasih Audit yang dihadiri pihak-pihak terkait termasuk Rektor dan Yayasan. Akhirnya Auditor menyusun kembali laporan akhir berdasarkan hasil Rapat Tinjauan Manajemen yang telah dilaksanakan. Semua sistem yang dilakukan secara manual sebaiknya harus dibuatkan sistem secara otomatis berupa aplikasi guna memudahkan setiap prosesnya. Oleh karena itu semua proses yang telah dilaksanakan diatas akan diperbaiki dengan cara membuat sebuah Sistem Informasi Audit Mutu Internal (SIAMI) dimana pada sistem nantinya akan sangat memudahkan Auditor, Auditee, maupun Panitian pelakana dalam melaksanakan semua proses dalam Audit Mutu Internal (AMI) di Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Kata kunci: sistem, informasi, ami, audit, internal, web

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andie, Hasanuddin, & Fikri, I. (2018). Sistem Informasi Pusat Data Universitas (SIPUSDATAS). SEMINASTIKA, 78-84.

Bunafit, N. (2005). Database Relasional dengan MySQL. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Darmawan, A., & Hasibuan, M. S. (2014). Analisis dan Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Audit Mutu Internal dan Dokumentasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Generic, Vol. 9, No. 2, 342-347.

Erawan, L. (2014). Dasar-Dasar PHP. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Komarudin, A., & Pudjiantoro, T. H. (2018). Sistem Informasi Audit Mutu Internal Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Unjani. SEINASI-KESI, 76-81.

Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Audit Mutu Internal Pada STMIK GI MDP. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018, 67-72.

Rudyanto, A. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiarta, I. K., Suasnawa, I. W., & Saptarini, N. G. (2019). Perancangan Sistem Informasi Audit Mutu Internal Dengan Zahman Framework Studi Kasus Politeknik Negeri Bali. JURNAL SIMETRIK VOL.9, NO.1, 152-158.

Sutabri, T. (2004). Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tim, P. S. (2018). Pengertian Audit Mutu Internal (AMI). Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Yanti, N. (2013). Sistem Informasi Audit Mutu Internal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (Studi Kasus: Lembaga Penjaminan Mutu). Jurnal Coreit, 92-104.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i2.4758

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.