APLIKASI PENGENALAN HURUF,GAMBAR DAN WARNA PADA PAUD MUTIARA SARI PODOREJO KECAMATAN PRINGSEWU BERBASIS ANDROID

Suyono Suyono(1*), Rina Wati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kemajuan teknologi informasi dan semakin pesatnya perkembangan perangkat lunak baik komputer maupun android yang masuk dalam era globalisasi yang tak terpisahkan dari masyarakat modern yang didalam tujuan penelitian ini yaitu membuat suatu aplikasi android pengenalan huruf, gambar, dan warna untuk murid PAUD mutiara sari podorejo kecamatan pringsewu dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi yang tahapannya dengan melakukan pengamatan secara riil atau langsung, metode interview dengan melakukan  pendekatan secara langsung dengan tahapan yang terstruktur, metode kepustakaan yaitu dengan melalui referensi jurnal-jurnal serta referensi dari buku yang sesuai. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu dengan metode SDLC (system development live cycle) yang di dalamnya terdapat : 1.Tahap perencanaan yaitu proses merencanakan pembuatan aplikasi android, 2.Tahap analisis yaitu mencari bahan apa saja yang akan dilakukan oleh user dan bagaimana dalam membuat aplikasi pengenalan huruf, gambar, dan warna, 3.Tahap desain yaitu membuat suatu rancangan desain aplikasi, 4.Tahap uji coba yaitu melakukan suatu uji coba pada aplikasi yang sudah dibangun, 5.Tahap implementasi yaitu menggunakan secara langsung aplikasi tersebut, 6.Tahap pengelolaan yaitu dengan merawat, memantau atau memperhatikan sistem aplikasi. Hasil dari kesimpulan penelitian aplikasi ini yaitu berjalan dari sistem operasi android dan dikhususkan atau ditunjukkan untuk anak PAUD mutiara sari podorejo kecamatan pringsewu.

Kata Kunci : Android, Huruf, Gambar, Warna, PAUD


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemendikbud, “PAUD dan Pendidikan Keluarga Penting Dalam Mendukung Perkembangan Anak,” 2019. [Online]. Available: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/paud-dan-pendidikan-keluarga-penting-dalam-mendukung-perkembangan-anak. [Accessed: 10-Jan-2020].

S. A. Irmawati, Erfan Hasmin, “PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN HURUF DAN ANGKA BERBASIS ANDROID STUDI KASUS : TK ROS ANGGRIANY,” no. November, pp. 1–6, 2017.

H. Wintolo and A. T. Widiastuti, “PEMANFAATAN IMAGE TO SPEECH BERBASIS ANDROID UNTUK PENGENALAN WARNA BAGI ANAK BAWAH TIGA TAHUN,” pp. 1–12.

A. Mulyoto, “ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK 4-5 TAHUN BERBASIS ANDROID,” vol. 1, no. 2, pp. 38–42, 2016.

N. Fitriyani et al., “Pengembangan aplikasi pengenalan huruf, angka dan warna untuk anak usia dini berbasis android,” pp. 273–281.

M. A. M. Sri Mulyani, Leny Suzan, Yusar Dagara, Erlynda Yuniarti K, Christine Dwi karya S, Zahra Nur Azizah K, SISTEM INFORMASI AKUNTANSI : APLIKASI DISEKTOR PUBLIK. Unpad Press, 2019, 2019.

G. W. Fachrul K, CEPAT MENGUASAI PEMOGRAMAN ANDROID. Universitas Brawijaya Press, 2015, 2015.

MA.Muazar Habibi, ANALISIS KEBUTUHAN ANAK USIA DINI (Buku Ajar S1 PAUD). Deepublish, 2018, 2018.

M. K. Ikhsan Parinduri,S.Si.,M.Si, Helmi Fauzi Siregar,ST.,M.Kom, Iskandar, Pengontrolan Suhu Kelembapan Kumbung Jamur Tiram Putih. Green Press, 2017, 2017.

O. Muhamad muslihudin, ANALISIS dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Penerbit Andi, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i1.4177

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.