ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UTAUT-2 (Studi Kasus : SMP dan SMA MUTIARA BUNDA BANDUNG)

Zatin Niqotaini(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penerimaan penggunaan media pembelajaran Augmented Reality perlu diperhatikan untuk mengetahui berhasil tidaknya dalam penerapannya di SMP dan SMA Mutiara Bunda Model UTAUT-2 (Venkantesh, dkk, 2012) menunjukkan bahwa behavioral intention dan use behavior dipengaruhi performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, dan price value, serta self management of learning yang dimoderasi gender, age, dan experience. Hasil penelitian menunjukkan penerimaan penggunaan Augmented Reality SMP dan SMA Mutiara Bunda dipengaruhi variabel Performance Expectancy, Hedonic Motivation, dan Habit.

Kata Kunci : Penerimaan Teknologi, Media Pembelajaran, Augmented Reality, UTAUT-2, Structural Equation Model.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Venkatesh, V., Thong James,Y, L.,& Xu, Xin. 2012. Consumer Acceptance And Use of Information Technology : Extending The Unified Theory of Acceptance And Use of Technology. Vol. 36, No. 1.

Souza-Concilio, Ilana de A., Beatriz A. Pacheco. 2013. The Development of Augmented Reality Systems in Informatics Higher Education. Brazil : Computers and Informatics Faculty, Mackenzie Presbyterian University.

Sugiyono, 1997. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i1.4175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.