SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PASAR CEMARA BANJARMASIN BERBASIS WEB

Dian Agustini(1*), Muthia Farida(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Sistem informasi di Pasar Cemara yang digunakan masih bersifat manual sehingga kesulitan dalam menyebarkan informasi terkait dengan pasar, pencarian data toko yang belum membayar uang retribusi, lokasi toko yang masih kosong, serta letak lokasi toko pedagang yang tidak tertata dengan rapi yang menyebabkan calon pembeli kesulitan ketika ingin berkunjung ke toko yang dituju. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pengelolaan pasar yang terkomputerisasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Waterfall yang mempunyai enam tahapan yaitu : Rekayasa dan Pemodelan Sistem (System Engineering), Analisa Kebutuhan Perangkat Lunak (Analysis), Perancangan Perangkat Lunak (Design), Pengkodean (Coding), Pengujian Perangkat Lunak (Testing), Pemeliharaan Perangkat Lunak (Maintenance). Teknik testing sistem menggunakan teknik Blackbox. Dan hasil akhir berupa Sistem Informasi Pengelolaan Pasar Cemara Banjarmasin Berbasis Web, diharapkan dengan adanya sistem tersebut dapat membantu dalam pengelolaan Pasar Cemara Banjarmasin.

Kata Kunci : Sistem,Retribusi Pasar,Unified Modelling Language (UML), PHP, MySQL

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Kurniawan, F. (2017). Pengertian Sistem Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Retrieved from fredikurniawan.com: http://fredikurniawan.com/pengertian-sistem-secara-umum-dan-menurut-para-ahli/ (20/01/2018). Di akses pada tanggal 20 Juni 2018

Murtiani, S., Subroto, I. M. I., & Kurniadi, D. (2016). Sistem Informasi Retribusi Pedagang Pasar Kabupaten Semarang. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, 1(1), 47-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i1.4174

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.