PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB UNTUK MADRASAH ALIYAH (STUDI PADA SMIP 1946 BANJARMASIN)

Muhammad Rais Wathani(1*), Muhammad Edya Rosadi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam melaksanakan pelayanan akademik, Madrasah Aliyah SMIP 1946 telah menggunakan aplikasi atau sistem informasi yang disebut dengan sistem informasi akademik. Aplikasi ini memiliki nilai manfaat yang sangat besar dalam menunjang seluruh kegiatan akademik di sekolah tersebut, mulai dari data guru, data siswa, absensi siswa, nilai ujian, sikap siswa, prestasi siswa, kegiatan penunjang ekstrakurikuler, serta data siswa yang tidak mampu. Sayangnya sistem yang dibangun saat ini masih berbasis dekstop, di mana sistem ini masih memiliki beberapa kelemahan terutama dari sisi aksesibilitas, keamanan data dan lokasi secara fisik. Saat ini banyak perusahaan dan instansi yang mengalihkan seluruh sistem yang dijalankan dari berbasis desktop ke berbasis web, karena melihat segi keuntungan dan kelebihan yang banyak ditawarkan. Dari hasil observasi, perlu untuk melakukan pembaharuan sistem ke arah berbasis web, harapannya dengan adanya sistem informasi akademik yang telah berbasis web, dapat menghilangkan batasan aksesibilitas, jarak, waktu dan tempat, yang memang menjadi kendala dari sistem berbasis desktop. Dari hasil pengujian, sistem informasi akademik berbasis web, efektif dalam penyimpanan data akademik siswa serta dalam pembuatan berbagai macam laporan.

 

Keywords : Akademik, Madrasah Aliyah, Sistem Informasi, Web


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Maharani, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Sekolah Islam Modern Amanah. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 2(1), 27-32.

Anam, K., & Taufik, A.M. (2018). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Mi Al-Mursyidiyyah Al-‘Asyirotussyafi’iyyah. Jurnal Teknik Informatika, 11(2), 207-217.

Susanti, M. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu Jakarta. Jurnal Informatika, 3(1), 91-99.

Suryandani, F., Basori, & Maryono, D. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Sebagai Sistem Pengolahan Nilai Siswa Di Smk Negeri 1 Kudus. JIPTEK, 10(1), 71-82

Rizki, M.A. (2016). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di Smp Negeri 2 Kecamatan Gaung Anak Serka. Jurnal Sistemasi, 5(3), 8-13




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v11i4.3733

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.