SISTEM KEAMANAN BAGI KENDARAAN DENGAN RFID BERBASIS ARDUINO UNO

Ibrahim Ibrahim(1*), Arafat Arafat(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kendaraan bermotor merupakan transportasi yang sangat umum digunakan di Indonesia. Namun kendaraan bermotor bukanlah barang yang tergolong murah. Banyak kasus pencurian kendaran bermotor terjadi di Indonesia. Meskipun telah dilengkapi dengan keamanan kunci, dan penutup lubang kunci pada sepeda motor, kasus pencurian masih marak terjadi. Maka dari itu, dibutuhkan sistem keamanan yang lebih canggih.Sistem pengaman kendaraan bermotor menggunakan RFID dapat menjadi solusi. Sistem ini memakai RFID sebagai keamanan tambahan dan mampu memgirimkan pemberitahuan berupa bunyi alarm apabila kendaraan digunakan tanpa sepengetahuan dari pemilik.

Untuk mengurangi terjadinya pencurian sepeda motor, dengan alat sistem keamanan ini akan di letakan di bagian kendaraan bermotor yang akan di tambahakan alat, dengan cara menggunakan Keychain, yang menggunakan prangkat arduino. Dengan sistem ini diharapkan bisa mengurangi terjadinya pencurian sepeda motor yang marak terjadi di masa kini, Dengan perancangan sistem pada alat tersebut akan tercipta sebuah alat yang dapat mengurangi terjadinya pencurian sepeda motor dan mengurangi kerugian materi pada pengguna kendaraan bermotor, dan keamanan lebih terjamin dengan angka keamanan mencapai 85%.

 

Kata Kunci: RFID, Arduino, Keychain, Sistem Keamanan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S Budiharjo, S Milah. (2013). Akademi Telkom Sandhy Putra Jakarta.

W Bagye, T Azizah. (2008). Jurnal Informatika e-journal.stmiklombok.ac.id.

P. Tirumala Rao, S. Koteswarao Rao , G. Manikanta and S. Ravi Kumar . Distinguishing Normal and Abnormal ECG Signal .Indian Journal of sience and Technology, Vol 9(10), DOI: 10.17485/ijst/2016/v9i10/85449, March 2016 ..

https://www.nyebarilmu.com/how-to-make-system-security-on-motorcycle- using-rfid-arduino/.

http://nandasyaputra77.blogspot.com/2017/04/modul-relay.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v11i4.3639

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.