IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA INFORMASI BUAH LANGKA KHAS KALIMANTAN SELATAN

Yusri Ikhwani(1*), Mokhamad Ramdhani Raharjo(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Provinsi Kalimantan Selatan terdiri dari 11 Kabupaten dan 2 Kota. Dalam urusan buah-buahan, Secara geografis Kalimantan Selatan teletak di daerah tropis yang memungkinkan berbagai jenis tumbuhan dan buah-buahan dapat tumbuh subur. Keragaman aneka tumbuhan dan buah-buahan merupakan kekayaan alam yang harus dijaga, Provinsi Kalimantan Selatan sangat kaya akan jenis buah-buahan, salah satunya adalah buah kasturi. Ada banyak lagi jenis buah yang aneh dan sungguh sensasional, baik dari segi bentuk dan rasa. Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi yang menggabungkan dunia virtual dengan dunia nyata, dimana pengguna dapat mengeksplor dunia nyata dengan lebih atraktif dan lebih menarik. Pemanfaatan teknologi AR banyak digunakan pada bidang edukasi, kesehatan, militer, iklan, hiburan dan navigasi. Umumnya aplikasi yang menggunakan teknologi AR bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna dengan lebih jelas, real-time, dan interaktif. Pembuatan Augmented Reality ini bertujuan untuk mengenalkan, memberi pengetahuan, dan pemahaman tentang buah-buahan khas Kalimantan Selatan yang sudah mulai langka karena buah tersebut berada di hutan atau pedalaman kalimantan selatan kepada para masyarakat khususnya generasi muda yang sudah mulai melupakan buah-buah khas Kalimantan Selatan tersebut, dengan cara yang kreatif dan inovatif agar lebih menarik minat para generasi muda untuk mengenal buah langka tersebut. Pembuatan aplikasi Augmented Reality ini akan menggunakan Unity sebagai komponen utama ditambah library Augmented Reality terbaru yaitu Vuforia. Kemudian menggunakan Blender 3D sebagai software perancang model objek. Implementasi teknologi Augmented Reality dalam pembuatan aplikasi berbasis Android ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengenalan berbagai jenis buah-buahan yang ditampilkan dalam bentuk 3D.

 

Kata kunci: Kalimantan, Buah, Langka, Augmented Reality, Informasi, 3D


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azuma, R. T. (2001). Indirect Augmented Reality. Nokia Research Cencer Hollywood United States.

Andriyadi, A. (2011). Augmented reality with ARToolkit. Lampung: Augmented reality Team.

Atmoko Nugroho, B. A. ( Januari 2017). Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3d Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 84-91.

A. Pramono and M. D. Setiawan, "Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan," no. 1 Februari, 2019

M. R. Mubaraq, H. Kurniawan, and Alfa Saleh, "Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Buah-buahan Berbasis Android" ,IT Journal, Vol. 6 No. 1, April, 2018

M. B. Rahmat, "Pengembangan Aplikasi Pengenalan Buah-Buahan Khas Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android" Desember 2018

P. A. Hadi "Perancangan Aplikasi Informasi Multimedia Tanaman Buah Kebun Bogor Dengan Augmented Reality", Narada, Jurnal Desain & Seni, FDSK - UMB, 445

A. Syahrin, M. E. Apriyani, S. Prasetyaningsih, "Analisis Dan Implementasi Metodemarker Based Tracking Pada Augmented Reality Pembelajaran Buah-Buahan", Komputa, Vol 5, No.1, Maret, 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v11i4.3637

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.