PENGOLAHAN CITRA DIGITAL DAN HISTOGRAM DENGAN PHYTON DAN TEXT EDITOR PHYCHARM

Silvia Ratna(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Citra merupakan salah satu bentuk informasi yang diperlukan manusia selain teks, suara dan video.Informasi yang terkandung dalam sebuah citra dapat diinterpretasikan berbeda-beda oleh manusia satu dengan yang lain.

Citra analog dihasilkan dari alat akuisisi citra analog, contohnya adalah mata manusia dan kamera analog. Gambaran yang tertangkap oleh mata manusia dan foto atau film yang tertangkap oleh kamera analog merupakan contoh dari citra analog.. Citra digital merupakan representasi dari fungsi intensitas cahaya dalam bentuk diskrit pada bidang dua dimensi. Citra tersusun oleh sekumpulan piksel (picture element) yang memiliki koordinat (x,y) dan amplitudo f(x,y). Koordinat (x,y) menunjukkan letak/posisi piksel dalam suatu citra, sedangkan amplitudo f(x,y) menunjukkan nilai intensitas warna citra. Pengolahan citra (image Processing) adalah  proses mengolah piksel-piksel di dalam citra digital yang digunakan untuk tujuan tertentu. Awalnya pengolahan citra dilakukan untuk memperbaiki kualitas citra,  dengan berkembangnya dunia komputasi yang ditandai dengan semakin meningkatnya kapasitas dan kemampuan komputer memungkinkan manusia dapat Mengambil informasi dari suatu citra.

Pengolahan Citra Digital (Digital Image Processing) merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana suatu citra itu dibentuk, diolah, dan dianalisis sehingga menghasilkan informasi yang dapat dipahami oleh manusia, sedangkan Histogram citra adalah representasi grafik yang menyatakan distribusi nilai-nilai warna atau intensitas piksel-piksel di dalam citra. Frekuensi kemunculan nilai intensitas piksel pada suatu citra dapat diketahui melalui 50 Pengolahan Citra histogram citra tersebut. Pengolahan Citra Digital  ini menggunakan bahasa pemrograman  Phyton dan Phycharm , yang fungsinya melihat hasil perubahan citra, Histogram  pada gambar dengan menggunakan Phyton dan phycharm


Kata kunci: Citra, Image Processing ,Digital Image Processing, Histogram


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budi Rahardjo . (2019) Pemrograman Phyton Bandung.Informatika.

Hanna Arini Parhusip. (2019). Pemrograman Pyton. Yogyakarta: Andi Offset.

Hasibuan, Z. A. (2007). Metodelogi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Jakarta.

Jogiyanto, & Hartono. (2009). Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta. Andi Ofset.

Jubilee Enterprise Jogiyanto, & Hartono. (2009). Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta. Andi Ofset.

Kadir, Abdul. (2019). Pemrograman OpenCV & Phyton. PT.Gramedia. Jakarta.

Rosihan Ari Yuana. (2019). Phyton Kasus Big Data. Yogyakarta: CV.Loko media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v11i3.3294

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.