WEB DEVELOPER INFORMASI BERBASIS ALGORITMA PEMROGRAMAN

Galih Mahalisa(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Bidang informatika / komputer pada tingkat SMA bukan sebagai mata pelajaran wajib tapi hanya kegiatan ekstrakurikuler, jadi memang tidak ada tenaga pengajar khusus yang ahli di bidang ilmu komputer yang ditunjuk sebagai pelatih siswa – siswi yang akan dikirimkan mengikuti lomba Olimpiade Sains Nasional. Kebanyakan siswa tersebut belajar secara otodidak, pihak sekolah hanya bisa memberikan fasilitas perangkat yang diperlukan, tapi tidak menyediakan tenaga ahli (guru) yang ahli di bidangnya. Web developer informasi bisa dikatakan sistem informasi dengan platform web yang diperuntukan untuk referensi materi logika matematika dengan tujuan untuk belajar algoritma pemrograman dan merupakan bidang keilmuan dari perlombaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yaitu informatika / komputer. Sistem informasi tersebut digunakan untuk pendampingan dalam pembelajaran Informatika yang berisikan bank soal sebagai referensi belajar algoritma pemrograman dan disertai soal quiz sebagai latihan. Kesimpulan yang didapatkan setelah melakukan implementasi dan beberapa pengujian, maka dapat dipaparkan yaitu: Tahap pengujian usability hasil analisa pengujian maka diperoleh presentase 81%. Dari skor tersebut untuk aplikasi  yang sederhana termasuk dalam kategori baik.

 

Kata Kunci : OSN, Web, Informatika, Komputer, Soal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Kadir, “Pengenalan Sistem Informasi,” Am. Enterp. Inst. Public Policy Res., 2014.

FN. Jovan, “Panduan Praktis Membuat WEB dengan PHP utk Pemula,” MediaKita., 2014.

Mahalisa, G. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KAMPUS (SIK) BERBASIS WEBSITE STUDI KASUS KAMPUS UNISKA. SEMINASTIKA UNIVERSITAS MULIA BALIKPAPAN, 1(001), 101-103.

Mahalisa, G., & Syafarina, G. A. (2018). ANALISIS PERANCANGAN E-SCHEDULE PERKULIAHAN. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(3), 185-187.

Y. Utama, “Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya,” J. Sist. Inf., 2011.

A. Prayitno and Y. Safitri, “Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis,” Softw. Eng., 2015.

D. Puspitasari, “Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web,” J. Pilar Nusa Mandiri, 2016.

A. P. M. A. Arif, Nur Saiful; Wanda, “Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web Smk Swasta Brigjend Katamso Medan,” J. Ilm. Saintikom, 2013

Kasiman, P. (2009). Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.

Martin, J. (1990). Information Enginering Book II Planning and Analysis 2nd Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Peranginangin, K. (2006). Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v11i1.2711

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.