SISTEM INFORMASI MONITORING PEMBAYARAN ADMINISTRASI SEKOLAH BERBASIS WEBSITE PADA MTS AL IKHWAN BANJARMASIN

Hoiriyah Hoiriyah(1*), Mokhamad Ramdhani Raharjo(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Sekolah merupakan suatu bentuk lembaga pendidikan yang didalamnya berlangsung kegiatan belajar mengajar, serta berbagai kegiatan lain yang mendukung terlaksannya proses belajar mengajar tersebut. Kegiatan Mengajar tersebut terkait dengan beberapa elemen siswa, guru dan materi pelajaran berdasarkan kurikulum yang digunakan. Didalam Kegiatan Belajar Mengajar juga didukung oleh proses seperti proses pembayaran uang sekolah dan pengelolaanya. Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhwan Banjarmasin merupakan Lembaga Pendidikan Swasta yang melakukan kegiatan belajar mengajar serta mengelola pembayaran uang sekolah, akan tetapi proses pencatatan dan pengelolaanya masih bersifat manual yang dicatat dalam buku pembukuan sehingga memerlukan waktu lama untuk dalam hal pembuatan laporan pemasukan yang bersumber dari dana infak atau SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) serta memonitoring dana pengeluaranya. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan sistem informasi monitoring dan pengelolaan pembayaran SPP berbasis website dengan menggunakan teknologi Pemrograman menggunakan PHP dan database MySQL.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sistem ini membantu proses perekapan hasil pembayaran SPP dari siswa yang sudah registrasi dan yang belum registrasi.

Kata Kunci : SPP, Monitoring, Pencatatan, pendidikan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


K. P. dan Kebudayaan, “Profil Satuan Pendidikan,” 2017. [Online]. Available:

https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=30315492.

Kemendikbud.go.id, “No Title,” 2017. [Online]. Available: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/01/ini-bedanya-sumbangan-bantuan-dan-pungutan-pendidikan.

H. D. Erinawati, “Pembangunan Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Pada Sekolah Menegah Atas ( SMA ) Negeri 1 Rembang Berbasis Web,” vol. 4, no. 4, pp. 40–46, 2012.

A. Fauzi et al., “SISTEM INFORMASI PEMESANAN KERTAS CONTINUOUS FORM,” vol. 5, no. 1, pp. 123–127, 2019.

F. Teknologi and I. Universitas, “Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Iuran Bulanan ( SPP ) Dan Dana Sumbangan Pendidikan ( DSP ) Siswa Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pringkuku,” vol. 2, no. 4, 2010.

M. T. S. Baiturahman and B. Taluk, “No Title,” vol. 1, no. 2, pp. 141–146, 2018.

D. Muzarli et al., “ADMINISTRASI PEMBAYARAN SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE STUDI KASUS :,” pp. 163–170.

R. Taufiq, D. A. Magfiroh, and D. Yusup, “Analisis dan Desain Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan ( SPP ) di SMK Avicena Rajeg,” vol. 3, no. 1, pp. 15–21, 2020.

I. D. Utami, I. Santosa, R. Annisa, I. R. Simanjuntak, and U.

A. Permatasari, “Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( UMKM ) ( Studi Kasus : UMKM Sumber Jokotole , Socah , Bangkalan ),” pp. 1–10.

H. T. Sitohang, T. Informatika, and S. Utara, “SISTEM INFORMASI PENGAGENDAAN SURAT BERBASIS,” vol. 3, no. 1, pp. 6–9, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v11i1.2700

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.