APLIKASI PROMOSI BANK CIMB NIAGA MENGGUNAKAN MOBILE AUGMENTED REALITY

Kholid Fathoni(1*), Yuliana Setiowati(2), Hilman Abu Dzarrin(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


PT Bank CIMB Niaga,Tbk. merupakan salah satu industri perbankan swasta  di Indonesia yang menerapkan pentingnya memberikan pelayanan yang terbaik  bagi setiap nasabahnya dan selalu berusaha memahami kebutuhan dan keinginan  nasabahnya. Namun seiring bertambah banyaknya nasabah yang tertarik dengan produk-produk Bank CIMB Niaga, perusahaan ini sering menghadapi permasalahan berupa menumpuknya antrian nasabah yang akan menuju Customer Service (CS). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu aplikasi yang memudahkan pekerjaan CS yaitu media promosi Bank Niaga berbasis mobile augmented reality. Dengan aplikasi ini nasabah nasabah bisa  mendapatkan informasi produk Bank CIMB Niaga melalui smartphone Android. Aplikasi ini menggunakan logo Bank Niaga sebagai marker. Setelah marker terdeteksi, aplikasi menyediakan 4 pilihan menu kepada pengguna yaitu : profil Bank CIMB Niaga, berita terkini, produk Bank CIMB Niaga, serta galeri. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa semua fitur aplikasi ini berjalan dengan baik. Serta hasil pengujian kepada pengguna memberikan respon bahwa aplikasi ini sangat membantu bagi CS, bermanfaat, mudah digunakan serta memiliki tampilan yang menarik.

 

Kata Kunci: media, promosi, PT Bank Niaga, Augmented Reality, Mobile


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Bank CIMB Niaga https://www.cimbniaga.com/

. Android (Sistem Operasi) – Wikipedia Bahasa Indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)

. Realitas Tertambah – Wikipedia Bahasa Indonesia https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah

. Denny Dentya. Apa Itu Vuforia.

http://dentyagame.blogspot.com/2014/03/apa-itu-vuforia.html

. Chafied, Muchammad. 2010. Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality. Surabaya : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

. Afriyantari Puspa Putri, Devi. 2014. Augmented Reality Untuk Bisnis Properti Sebagai Sarana Pemasaran Berbasis Android. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v11i1.2690

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.