PERANCANGAN ELECTRONIC DOCUMENT MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB UNTUK PERGURUAN TINGGI (STUDI PADA UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN)

Muhammad Edya Rosadi(1*), Muhammad Rais Wathani(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Cara pengarsipan dokumen model lama yang masih berbentuk fisik masih kurang efektif dan efisien. Kurang efektif dalam hal masa luarsa penyimpanan informasi yang dapat rusak setelah lama disimpan dan kurang efisien karena seiring berjalannya waktu, dokumen fisik perlu tempat penyimpanan yang semakin besar, hal ini menyebabkan sulitnya dalam pencarian informasi kembali saat dokumen tersebut merupakan dokumen lama. Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, dokumen dapat dengan mudah diubah kedalam bentuk digital dan sering juga disebut dokumen elektronik. Pada perguruan tinggi, dokumen elektronik merupakan dokumen cadangan yang digunakan sebagai penunjang dokumen fisik saat validasi data dan akreditasi. Dari waktu ke waktu dokumen elektronik di perguruan tinggi akan semakin banyak sehingga perlu sebuah sistem pengelolaan dokumen elektronik atau yang biasa disebut dengan electronic document management system (EDMS). Pada penelitian ini telah berhasil dirancang EDMS berbasis web untuk perguruan tinggi, sistem mempunyai level pengguna yang berbeda diantaranya dosen, mahasiswa dan tenaga pendidik. Dari hasil pengujian, aplikasi dapat digunakan untuk pengelolaan dokumen elektronik perguruan tinggi, baik dalam penyimpanan dokumen digital, mempercepat pencarian dan memudahkan dalam pengambilan kembali dokumen yang disimpan.

Kata kunci: electronic document, management, perguruan tinggi, web


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulkadhim, H., Bahari, M., Bakri, A., & Ismail, W. (2015). A Research Framework of Electronic Document Management Systems (EDMS) Implementation Process in Government. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 81(3), 420–432.

Başıbüyük, M., & Ergüzen, A. (2015). Electronic Document Management System for Kırıkkale University. Unified Journal of Computer Science Research, 1, 8–15.

Mahmood, A., & Okumus, I. T. (2017). Design and Implementation of an Electronic Document Management System. 1(1), 9–17.

Rifauddin, M. (2016). Pengelolaan Arsip Elektronik Berbasis Teknologi. Khizanah Al-Hikmah, 4(2), 168–178.

Ristekdikti. (2019). PDDikti - Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Diambil 4 Juni 2019, dari https://pddikti.ristekdikti.go.id/data_pt/RTAzNjkwMzUtMTUzNS00NDlDLUE2RjEtQkMwMTdCNDFGNEUx

Sugiharto, D. (2010). Penyelamatan Informasi Dokumen/Arsip Di Era Teknologi Digital. BACA, 31(1), 51–64.

Wicaksono, S. R. (2015). Implementing Collaborative Document Management System In Higher Education Environment. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Aplikasinya, 3(22–25).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v10i4.2565

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.