PERANCANGAN APLIKASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN PEMBELAJARAN BAGI DOSEN

Gita Ayu Syafarina(1*), Agus Setiawan(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

 

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Para dosen pengajar diwajibkan untuk membuat RPS sebelum kegiatan perkuliahan berlangsung. Objek sample penelitian untuk pembuatan sistem ini adalah Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjary adalah PTS tertua dan terbesar di Kalimantan Selatan khususnya untuk fakultas teknologi informasi yang notabene termasuk fakultas dengan dosen terbanyak. RPS pasti dikumpulkan oleh pihak fakultas sebagai berkas yang digunakan nanti pada saat akreditasi fakultas.Analisis sistem yang berjalan adalah pembuatan RPS masih menggunakan microsoft word, sehingga untuk point pengisian tiap variabel banyak berbeda antara satu sama lain. Seharusnya adanya sistem untuk mensamaratakan format pengisian otomatis, dan perekapan RPS. Berdasarkan permasalahan tersebut sistem yang akan dibuat akan memudahkan dosen untuk pengisian RPS yang benar maupun fakultas agar mudah dalam perekapan berkas RPS untuk keperluan akreditasi. Hasil analisis kebutuhan dengan menggunakan instrumen kuisioner kepada 15 orang responden, maka didapatkan hasil sebanyak 70% menyimpulkan perlu adanya pengembangan untuk sistem konvensional menjadi sistem yang terintegerasi. Hasil evaluasi akhir dari penggunaan sistem mendapatkan nilai presentase rata-rata 96% mendapatkan respon yang bagus sehingga layak untuk digunakan sebagai aplikasi RPS berbasis online.

 

Kata Kunci : Sistem, rencana, pembelajaran, semester,  RPS, capaian, Dosen

 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v10i4.2362

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.