DETEKSI PLAGIARISME TINGKAT KEMIRIPAN JUDUL SKRIPSI PADA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN ALGORITMA WINNOWING

Nur Alamsyah(1*), Muhammad Rasyidan(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

 

Untuk menentukan kemiripan teks judul skripsi yang di ajukan dengan judul-judul skripsi yang telah ada sebelumnya maka diperlukan penerapan suatu algoritma untuk menentukan kemiripan teks, salah satunya algoritma untuk menentukan kemiripan teks ialah algoritma Winnowing.

Algoritma Winnowing adalah sebuah cara yang digunakan untuk mendeteksi kesamaan kata/kalimat (common subsequence) dalam dua atau lebih teks yang dibandingkan. Dua teks diketahui memiliki kesamaan kata/kalimat apabila di dalam dokumen tersebut dijumpai fingerprint, fingerprint inilah yang akan dijadikan dasar pembanding antara teks, algoritma ini akan mencari fingerprint (kesamaan di dalam dua teks) dengan cara mengubah n-gram dari sebuah teks ke dalam bentuk nilai angka yang disebut dengan nilai hash, teknik untuk mencari nilai tersebut adalah Hashing.

Dengan sistem ini, Ketua  Program   Studi atau  Koordinator  Tugas  Akhir nantinya hanya memasukkan judul yang akan diajukan mahasiswa, kemudian sistem akan mengecek secara otomatis dan menampilkan hasilnya. Hasil tersebut bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan dapat menentukan apakah diterima atau ditolak judul skripsi tersebut.

Kata kunci :  Algoritma Winnowing, fingerprint, n-gram, Hashing


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v10i4.2361

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.