APLIKASI REKAPITULASI KUESIONER HASIL PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA STMIK INDONESIA BANJARMASIN MENGGUNAKAN JAVA

Muhammad Saidi Rahman(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

Kuesioner adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden. Di STMIK Indonesia Banjarmasin kuesioner digunakan untuk memberikan penilaian terhadap kualitas dosen dan fasilitas ruang proses belajar mengajar agar nantinya dapat membantu meningkatkan kualitas akademik. Perhitungan atau rekapitulasi kuesioner di STMIK Indonesia Banjarmasin masih menggunakan program Microsoft Excel, sehingga untuk membuat laporan kuesioner masih memerlukan waktu dan masih kurang efektif. Program yang digunakan adalah Java 2 Standard Edition, dengan kompiler IDE Netbeans, dan untuk membuat laporan menggunakan iReport yang dibangun menggunakan library JasperReport. Perhitungan kuesionernya yang digunakan untuk merekapitulasi adalah perhitungan Skala Likert. Dengan adanya aplikasi Rekapitulasi Kuesioner Proses Belajar Mengajar ini bisa digunakan untuk mengurangi masalah dalam perhitungan rekapitulasi kuesioner proses belajar mengajar dan pembuatan laporan. Sehingga diharapkan akan mempermudah pihak yang terkait dalam proses perhitungan rekapitulasi kuesioner dan dapat pula membuat laporan secara mudah cepat dan akurat.

 

Kata Kunci : Kuesioner, Skala Likert, IDE Netbeans, Java, JasperReport, iReport



Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v10i3.2231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.