PERANCANGAN WEBSITE YAYASAN DARUL AHBAB SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING

Wifda Muna Fatihia(1*), Abu Amar Bustomi(2), Tsania Ursila Razani(3)

(1) UIN Antasari Banjarmasin
(2) UIN Sunan Ampel Surabaya
(3) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Yayasan Darul Ahbab adalah sebuah yayasan pendidikan Islam yang berlokasi di Desa Nglaban, Nganjuk, Jawa Timur. Selama masa pengembangan, yayasan ini menghadapi beberapa tantangan, salah satunya kurangnya persebaran informasi terkait lokasi yayasan, visi, misi, dan profil yayasan. Akibatnya, jumlah siswa baru pun tidak meningkat secara signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah website yang ramah pengguna, yang dapat memberikan informasi serta sebagai media promosi bagi yayasan dengan mempertimbangkan kebutuhan stakeholder dan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan design thinking, yang terdiri dari fase understanding, design, dan evaluation. Berdasarkan hasil evaluasi menggunakan kuesioner System Usability Score, rancangan website Yayasan Darul Ahbab mendapatkan skor 78,17 dengan kategori usability baik (good). Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan website perlu dikombinasikan dengan kebutuhan pengguna lebih efektif dan berdampak sebagai medai informasi dan promosi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adilah, S. F., Sukirman, O., & Arif, D. N. (2025). Efektivitas Promosi Wisata Berbasis Website Menggunakan Analisis SWOT di Tanjung Duriat. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 7(1), 114. https://doi.org/10.47476/reslaj.v7i1.5023

Alvin, V., Djoko, J., Tjahjo, W., & Goenawan, F. (2020). Efektivitas Website Auto2000 sebagai Media Promosi pada Masyarakat Kota Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, Vol 8 No.2, 11. www.bayuhill.com

Anwardi, A., Ramadona, A., Hartati, M., Nurainun, T., & Permata, E. G. (2020). Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 7(1), 57. https://doi.org/10.25124/jrsi.v7i1.380

Apriananta, Y. J., & Wijaya, L. S. (2018). Penggunaan Website dan Media Sosial dalam Membangun Citra Positif Perguruan Tinggi. Jurnal Komunikatif, 7(2), 187–209. https://doi.org/10.33508/jk.v7i2.1750

Ariansyah, M., Mahardika, F., & Santika, D. (2024). Rancang Bangun Platform Digital Berbasis Web sebagai Media Promosi UMKM. Jurnal Informatika Jurnal Pengembangan IT. https://www.researchgate.net/publication/381854028

Astuti, T., Subarno, A., & Indrawati, C. (2024). Pemanfaatan Website Sekolah sebagai Sarana Promosi dan Informasi Humas di SMK Negeri 1 Wonogiri. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8, 187. https://doi.org/10.20961/jikap.v8i2.77776

Billah, M., Razi, M., & Indryani, A. (2023). Perancangan Website sebagai Media Pemasaran Produk UMKM. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika-JISKA, 1(2), 48. http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis

Cecep Teadi. (2023). The Role of Websites as Marketing Communication Media for Digital Startup Businesses in Companies Brainly. Interkoneksi: Journal of Computer Science and Digital Business, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.61166/interkoneksi.v1i1.1

Hartono, R., Rosid, U. A., & Nursamsi, D. R. (2023). Rancangan UI/UX untuk Single Landing Page Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknologi Informasi, 7(1).

Lafado Yesa, C., Putri, N. A., & Noer, D. S. (2024). Designing an Academic Website User Interface Using the Design Thinking Method. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 8(2), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.6726/http

Nowakowski, M. (2016). Website Usability in the Design Thinking Methodic. Zeszyty Naukowe Uniwersytetu Szczecińskiego. Studia Informatica, 40, 123–133. https://doi.org/10.18276/si.2016.40-11

Nurhayati, S., & Abdurrahman, A. (2019, July 18). The Importance of Website in Business Promotion. INCITEST 2019. https://doi.org/10.4108/eai.18-7-2019.2287935

Palgunadi, P., Sumarwahyudi, S., Wardhana, M. I., & Pramono, A. (2022). Perancangan Desain Website sebagai Media Promosi PT Permata Adi Nusa. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1453–1469. https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1453-1469

Purwanto, E. S., Jap, E. B., Wijaya, E. S., Juwanda, R., & Sari, A. C. (2022). Application of Design Thinking in the Creation of UI/UX on E-learning Websites. 2022 4th International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS), 1–6. https://doi.org/10.1109/ICORIS56080.2022.10031471

Setiyana, C. P., & Siregar, J. (2023). Analisa UX/UX Website pada Papaya Fresh Gallery menggunakan Metode Design Thinking. Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek, Volume 01, No. 06. https://doi.org/10.3785/kjst.v1i6.347

Suratno, B., & Shafira, J. (2022). Development of User Interface/User Experience using Design Thinking Approach for GMS Service Company. Journal of Information Systems and Informatics, 4(2). http://journal-isi.org/index.php/isi

Susanto, A., & Asmira. (2017). Perancangan Website sebagai Media Promosi dan Informasi Menggunakan Metode Web Engineering. SIMKOM, 2(3), 9–17. https://doi.org/10.51717/simkom.v2i3.23

Widyastuti, H., Utami, S., & Junadi, B. (2025). Rancang Bangun Sistem E-Library Dengan Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Technologia : Jurnal Ilmiah, 16(1), 146. https://doi.org/10.31602/tji.v16i1.17357




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v16i2.18438

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2025 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.