ANALISIS PERANCANGAN APLIKASI PUSAT INFORMASI (E-PusIn) BERBASIS WEB : STUDI KASUS KAMPUS UNISKA BANJARMASIN

Galih Mahalisa(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Sistem informasi merupakan sistem yang mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja), ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi), dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan. Permasalahan yang terjadi adalah ketidaktahuan pengunjung dalam mencari lokasi ruangan atau denah kampus karena belum tersedianya  fasilitas / stand sebagai pusat informasi kampus yang terletak di tengah lobby gedung utama. Berdasarkan hasil analisa dengan melakukan observasi pada pada hari dan jam kerja sekitar 80% pengujung yang pertama kali datang ke uniska, akan bertanya kepada orang sekitar yang ada di lobby, 15% tamu menunggu di lobby yang kemudian dijemput oleh yang berkepentingan, dan sisanya mencari tahu sendiri dengan cara berkeliling kampus. Metode yang digunakan berdasarkan studi kasus, untuk pengujian perangkat lunak  menggunakan standard ISO 9126. Hasil pengujian dan analisa yang ddidapatkan dari 15 orang responden, maka hasil pengujian functionality menyatakan 88% termasuk skor baik untuk pengelolaan fungsi-fungsi pada aplikasi, hasil uji usability menyatakan 68% cukup baik untuk pengguna dalam menggunakan sistem, dan dalam hal maintainability pada pengujian aplikasi ini sangat bagus dalam hal pengembangan aplikasi yang lebih baik

 

Kata Kunci : sistem, informasi, kampus, lobby, aplikasi, pengujung, tamu


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Kadir, “Pengenalan Sistem Informasi,” Am. Enterp. Inst. Public Policy Res., 2014.

FN. Jovan, “Panduan Praktis Membuat WEB dengan PHP utk Pemula,” MediaKita., 2014.

Mahalisa, G. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KAMPUS (SIK) BERBASIS WEBSITE STUDI KASUS KAMPUS UNISKA. SEMINASTIKA UNIVERSITAS MULIA BALIKPAPAN, 1(001), 101-103.

Mahalisa, G., & Syafarina, G. A. (2018). ANALISIS PERANCANGAN E-SCHEDULE PERKULIAHAN. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(3), 185-187.

Y. Utama, “Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya,” J. Sist. Inf., 2011.

A. Prayitno and Y. Safitri, “Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis,” Softw. Eng., 2015.

D. Puspitasari, “Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web,” J. Pilar Nusa Mandiri, 2016.

A. P. M. A. Arif, Nur Saiful; Wanda, “Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web Smk Swasta Brigjend Katamso Medan,” J. Ilm. Saintikom, 2013

Kasiman, P. (2009). Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.

Martin, J. (1990). Information Enginering Book II Planning and Analysis 2nd Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Peranginangin, K. (2006). Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v10i2.1810

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.