Perancangan User Experience Aplikasi Kebugaran Lansia

Febrianty Ayu Puspitasari(1*), Kurniawan D. Irianto(2), Andhika Giri Persada(3)

(1) Universitas Islam Indonesia
(2) Universitas Islam Indonesia
(3) Universitas Islam Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain UI/UX aplikasi kebugaran yang ditujukan bagi lansia dengan menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Seiring bertambahnya usia, menjaga kebugaran tubuh menjadi sangat penting untuk mempertahankan kualitas hidup dan kesehatan. Namun, banyak lansia yang kurang menjaga kesehatan dan kebugaran mereka serta kurang mendapatkan informasi yang cukup terkait dengan kebugaran. Penelitian ini berangkat dari masalah tersebut dengan tujuan untuk menciptakan sebuah rancangan aplikasi yang dapat membantu lansia dalam menjaga kebugaran tubuh mereka secara efektif. Proses pengembangan rancangan aplikasi ini melibatkan partisipasi aktif dari pengguna lansia untuk memastikan bahwa desain yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Rancangan aplikasi ini dirancang untuk memberikan informasi yang mudah dipahami serta latihan kebugaran yang aman dan sesuai untuk lansia. Dalam pengujiannya menggunakan Metode Cognitive Walkthrough untuk melihat apakah pengguna bisa menggunakan rancangan ini atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan aplikasi ini berhasil memenuhi kebutuhan pengguna lansia dan dapat meningkatkan kesadaran serta aktivitas kebugaran mereka. Data yang diperoleh dari uji coba menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan partisipasi lansia terhadap kegiatan kebugaran. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dalam mendukung kebugaran lansia.

 

Kata Kunci : UI/UX, Metode User Centered Design, Metode Cognitive Walkthrough.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antonia, V., Jaelani, A., & Wahyudiono, D. A. (2023). UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN LANSIA

MELALUI POSYANDU DAN SENAM LANSIA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1653.

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13943

Ariyanto, A., Puspitasari, N., Nur, D., Universitas, U., & Yogyakarta, A. (2020). AKTIVITAS FISIK

TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA LANSIA Physical Activity To Quality Of Life In The Elderly. In Jurnal

Kesehatan Al-Irsyad: Vol. XIII (Issue 2)

Bastian, H., & Eko Saputro, G. (2021). DESAIN USER INTERFACE GAME FAIRPLAY POKER

MENGGUNAKAN METODE UCD (USER CENTERED DESIGN) (Vol. 07).

http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa

Hartono, R., & Ramadhan, T. I. (2022). Implementasi Metode User Centered Design (UCD) dengan

Framework Kanban dalam Membangun Desain Interaksi. https://jurnal.itg.ac.id/

Novfrida, Y. N., Simatupang, E. J., & Kusnadi, Y. (2023). Pemeriksaan Kesehatan dan Edukasi

Kesehatan pada Lansia di Kelurahan Kapuk Jakarta Barat. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada

Masyarakat (PKM), 6(2), 663–675. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i2.8451

Priska, A., Kelen, L., Hallis, F., Putri, R. M., Kesehatan, F. I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2016).

TUGAS KELUARGA DALAM PEMELIHARAAN KESEHATAN DENGAN MEKANISME KOPING LANSIA (Vol.

, Issue 1).

Ramadhan, S. L., Fitri, I., & Rubhasy, A. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Pengajuan EKTP Menggunakan Metode UCD Pada Kelurahan Tanah Baru. http://jurnal.mdp.ac.id

Setyowati, S., Sigit, P., Ihsani Maulidiyah, R., Studi Keperawatan, P., Surya Global Yogyakarta, S.,

Ringroad Selatan Blado, J., Monumen Perjuangan, J., Lor, B., Istimewa Yogyakarta, D., & Studi

Kesehatan Masyarakat STIKES Surya Global Yogyakarta, P. (2021). SPIRITUALITAS BERHUBUNGAN

DENGAN KESEPIAN PADA LANJUT USIA. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj

Suhada, R. I., Mumpuni, N., Iskandar, R., Program, S., Teknologi, B., Darah, (d-3, Kesehatan, F.,

Achmad, J., Yogyakarta, Y., Keperawatan, (s-1, & Naskah, R. (2024). Pengaruh Konsumsi Makanan

terhadap Status Kesehatan Lansia Unjaya Tahun 2023 INFO ARTIKEL ABSTRAK. 9(1), 20–31.

http://formilkesmas.respati.ac.id

Tauran, S., Rahayu, F. S., & Marsella, E. (2024). ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GAME LEAGUE OF

LEGENDS WILD RIFT DENGAN METODE ENHANCED COGNITIVE WALKTHROUGH. Jurnal SINTA:

Sistem Informasi Dan Teknologi Komputasi, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.61124/sinta.v1i1.5

Ulya Ahyati, I., & Novyanti, R. (2023). Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi DESAIN MEDIA

PEMBELAJARAN KEAMANAN DIGITAL UNTUK PELAKU UMKM DENGAN METODE USER CENTERED

DESIGN (UCD).

Yanny, Y., Mukarramah, S., & Mongkito, R. Y. S. (2023b). Peningkatan Kualitas Hidup Lansia dengan

Senam Lansia, Edukasi Gizi dan Pemeriksaan Kesehatan. Journal of Community Service and Society

Empowerment, 1(01), 48–56. https://doi.org/10.59653/jcsse.v1i01.232




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i3.15414

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.