Rancangan game edukasi berbasis pengolahan citra untuk pendidikan anak usia dini
(1) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Sari
Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami materi atau konsep yang diajarkan. Hal ini sangat penting dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) karena pada masa ini tahap perkembangan anak sangat cepat dan memiliki gaya belajar yang beragam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang game edukasi untuk PAUD dengan menggunakan teknik pengolahan citra pada gambar yang akan dijadikan media belajar. Metode penelitian dengan melakukan persiapan, perancangan program, pengumpulan materi, pembuatan program, pengujian. Hasil penelitian berupa aplikasi belajar bentuk dan belajar warna yang dipelajari dalam pembelajaran PAUD. Bentuk yang dapat dipelajari berupa persegi, segitiga, dan lingkaran, sedangkan warna yang dipelajari adalah merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu. Tampilan akhir yang akan diperoleh adalah gambar yang akan dipelajari dan keterangan bentuk atau warna yang dipilih dengan bahasa Indonesia dan Inggris. Pemakaian bahasa Inggris membantu guru dalam memberikan pembelajaran bahasa Inggris secara dini kepada anak.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aprianti, N., & Sugito, S. (2022). Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Literature Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2785–2794.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1663
Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12.
https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65
Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120–137.
https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596
Hafizh, F., Iwan, & Santoso, M. (2023). Aplikasi Edukasi Pengenalan Warna , Huruf , Dan Angka Untuk PAUD Berbasis Android. ICIT Journal, 9(2), 136–146.
Hurlock, E. B. (1898). Child Development McGraw-Hill series in psychology (Fifth Edition). McGraw-Hill Book Company, 1–495.
Krisnawati, I., & Dwi Rahmawati, A. (2020). Pengenalan Bentuk Bangun Datar melalui Media Colour Geometry bagi Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 28–39.
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Muntahanah, M., Imanullah, M., & Pangestu, I. D. (2021). Aplikasi Pengenalan Huruf Dan Angka, Warna, Sayuran Dan Buah-Buahan Untuk Anak Paud Berbasis Smartphone Menggunakan Metode Linear Congruent(Lcm). Jurnal Media Infotama, 17(1), 23–29. https://doi.org/10.37676/jmi.v17i1.1313
Muslihatun, A., & Sugiman, S. (2022). Pembelajaran Bangun Datar Menggunakan Permainan Anak Tradisional Indonesia. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2131. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5111
Nisna Nursarofah. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Merdeka Belajar. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 38–51.
https://doi.org/10.33367/piaud.v2i1.2492
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(1), 12.
https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.781
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i3.15266
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
© 2019 Technologia p-ISSN: 2086-6917 e-ISSN: 2656-8047
-------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.