ANALISIS IT SERVICE MANAGEMENT (ITSM) LAYANAN E-LEARNING UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3

Albert Ricardo Hannuella(1*), Delvin Lim(2), Vincentius Junior Samudra(3), Dhafa Firgana(4), Hela Dixman(5), Dini Sari Melati(6)

(1) Universitas Internasional Batam
(2) Universitas Internasional Batam
(3) Universitas Internasional Batam
(4) Universitas Internasional Batam
(5) Universitas Internasional Batam
(6) Universitas Internasional Batam
(*) Corresponding Author

Sari


Inovasi yang muncul akibat globalisasi membawa perubahan bagi segala sektor, salah satunya pendidikan. Hal ini ditandai dengan digitalisasi yaitu pencatatan absensi, promosi sekolah melalui website, dan e-Learning yang sangat penting bagi mahasiswa saat ini dalam mengakses materi dan mengumpulkan tugas. Untuk memastikan kualitas layanan e-Learning selaras dengan tujuan dan dapat diandalkan, maka dibutuhkannya evaluasi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa fungsionalitas layanan e-learning dengan kerangka kerja ITIL V3. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang menargetkan 120 mahasiswa Universitas Internasional Batam.  Data juga akan dianalisa kevaliditas dan keandalan menggunakan pearson dan crosbanch’s alpha.  Hasil dari pengolahan data adalah e-learning meraih tingkat kematangan level 4 managed, kelima domain service operation berada di atas angka 4, dengan variabel event management memiliki angka terbesar dan request fulfilment dengan angka terkecil. Hal tersebut menunjukkan seluruh fitur dalam sistem sudah sesuai dengan tujuan dan dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa, meskipun masih ada beberapa kekurangan yang perlu segera dilengkapi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Candra Permana, B. A., Djamaluddin, M., & Saputra, S. W. (2023). Penerapan Sistem Absensi Siswa Menggunakan Teknologi Internet Of Things. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(1), 170–176.

Christian, Y., & Alfath, D. (2021). Perancangan Sistem Manajemen Kerja Harian Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter di Universitas Internasional Batam. Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science, 1(1), 577–588.

Dody Firmansyah, M., & Edy Wei, E. (2022). Perancangan dan Implementasi Sistem Manajemen Sekolah di SMA Kartini Batam Menggunakan Framework Scrum. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 1147–1154.

Dody Firmansyah, M., & Liong, K. (2022). Perancangan Dan Implementasi Website Profil Sekolah di Sekolah Advent Mission Sagulung Menggunakan Wordpress Dan MYSQL. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(3), 271–279. https://ejournal.pppmitpa.or.id/index.php/betrik/article/view/33

Faqih, A. S., & Wahyudi, A. D. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus : Matchmaker). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(2), 1–8.

Firmansyah, M. D., & Khomali, C. (2023). Perancangan dan Implementasi Sistem Manajemen Sekolah di SMKS Globe National Plus 2 Batam Menggunakan Framework Scrum. Social Engagement, 01(02), 41–50.

Hannuella, A. R., Melati, D. S., Jacky, J., Dixman, H., & Winata, M. (2023). Pengaruh Kualitas E-Service dan Kepuasan Pelanggan pada Perilaku Pelanggan. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 368–376.

Harris, I. (2017). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Tingkat Penerimaan e-Learning Pada Kalangan Mahasiswa. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 1–20.

Ikhtiarti, D., & Sutabri, T. (2023). Analisis IT Service Management (ITSM) Layanan e-Learning Universitas Bina Darma Menggunakan Framework ITIL V3. Jurnal Penelitian Teknik Inormatika, 6(1), 48–53. https://doi.org/10.52303/jb.v5i1.96

Ismanto, E., Herlandy, P. B., & Rahmadani, R. (2024). Pengembangan Learning Management System (LMS) dengan Pendekatan Self Directed Learning (SDL) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Pekanbaru. Jurnal Fasilkom, 14(1), 66–74.

Nasution, S. A., Marnisah, L., & Zamzam, F. (2020). Analisis Pengaruh Manage IT Human Resource (PO7) Dan Educate and Train Users (DS7) Pada Framework Cobit 4.1 Terhadap IT Service Management (ITSM) Di PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 141–158.

Negara, E. S., & Nugraha, W. (2021). Analisis Layanan TI Pada Domain Service Operation Dengan Menggunakan Framework ITIL V3. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 6(2), 123–136.

Putra, C. A., & Sutabri, T. (2023). Analisis IT Service Management ( ITSM ) Layanan GoFood Menggunakan Framework ITIL V3. Jurnal Ilmiah Binary STMIK Binar Nusantara Jaya, 05(01), 47–53.

Radiansyah, E. (2022). Peran Digitalisasi Terhadap Kewirausahaan Digital : Tinjauan Literatur Dan Arah Penelitian Masa Depan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 9(2), 828–837.

Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The Impact of e-Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Behavior in Online Shopping. Heliyon, 5(10), 1–14.

Salim, A. N., & Sutabri, T. (2023). Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Marketplace Shopee Menggunakan Framework ITIL V3. Jurnal Nuansa Informatika, 17(1), 144–153. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

Suroso, F., Imansuri, F., Rahmah, G. M., & Prabaswara, T. A. (2024). Audit Aplikasi Dana Berdasarkan Pengguna Menggunakan Framework ITIL V3 Domain Service Operation. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 260–266.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i3.15170

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.