PENERAPAN E-GOVERNMENT PADA PELAYANAN PUBLIK DESA SRIWAYLANGSEP MELALUI WEB MOBILE

Adi Prasetia Nanda(1*), Jeprianto Jeprianto(2), M Islamadi(3)

(1) IBN Lampung
(2) IBN Lampung
(3) IBN Lampung
(*) Corresponding Author

Sari


Salah satu perkembangan baru dalam peningkatan layanan publik adalah e-government. yang bergantung pada teknologi informasi dan komunikasi supaya dapat membuat layanan publik yang lebih jelas dan dapat diandalkan . Dengan kata lain e-government adalah motivasi untuk melaksanakan tugas dan manajemen pemerintahan dengan teknologi saat ini. Web Mobile adalah sistem informasi berbasis web yang dirancang untuk berjalan pada perangkat mobile yang memiliki layar yang disesuaikan untuk berbagai fungsi dan kebutuhan.

Oleh karena itu dalam era otonomi daerah,penggunaan teknologi komunikasi dan informasi juga dikenal sebagai e-government adalah salah satu cara untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang bagus.

Pengolahan data di Desa sriwaylangsep masih disimpan dalam buku dan dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Word,

proses pencarian data yang tersimpan memakan waktu yang cukup lama. Kelurahan Desa sriwaylangsep memiliki staf yang terbatas, sehingga layanan membutuhkan waktu yang lama. Sistem informasi E-Government berbasis web yang dapat diakses melalui ponsel sangat dibutuhkan untuk memudahkan masyarakat mengakses data dan informasi kelurahan. Dengan sistem ini, orang-orang di desa diharapkan dapat memberi tahu masyarakat dengan cepat dan tepat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


L. Muliawaty and S. Hendryawan, “PERANAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS: MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN SUMEDANG),” Jurnal Ilmu Administrasi, vol. 11, no. 2, 2020.

J. T. Nugraha, “E-GOVERNMENT DAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI TENTANG ELEMEN SUKSES PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN).”

E. Pratiwi and M. Muslihudin, “IMPLEMENTASI E-GOVERMENT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN POTENSI DESA DI DESA BUMIREJO MENGGUNAKAN WEB MOBILE,” Technology Acceptance Model, vol. 9, no. 1, pp. 22–29, 2018, [Online]. Available: www.stmikpringsewu.ac.id

A. Sofwan, “Pemrograman Web dengan PHP dan Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL MySQL,” 2003. [Online]. Available: http://bluefish.openoffice.nl

M. Saed Novendri et al., “APLIKASI INVENTARIS BARANG PADA MTS NURUL ISLAM DUMAI MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL.”

Y. Dwi Wijaya and M. Wardah Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall.” [Online]. Available: http://www.php.net.

R. Renaldo, V. Ariyantini, P. Studi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Jl Wismarini No, and P. Lampung, “Perancangan E-Government Pada Pekon Sukoharjo 1 Sebagai Media Penyampaian Informasi Berbasis Web Mobile,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 3, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i2.14447

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.