Sistem Pendukung Keputusan menggunakan Metode WASPAS (Weight Aggregated Sum Product Assesment) Menentukan Kepala Pekon di Pekon Totokarto Kabupaten Pringsewu

Elisabet Yunaeti Anggraeni(1*), Suyono Suyono(2), Agung Kurniawan(3)

(1) Institut Bakti Nusantara
(2) Institut Bakti Nusantara
(3) Institut Bakti Nusantara
(*) Corresponding Author

Sari


Pemilihan kepala pekon terbaik dilakukan di pekon Toto Karto kabupaten Pringsewu, pemilihan kepala pekon ini diadakan setiap 5 tahun dan pemilihan ini untuk dapat memotivasi warga dan perangkat pekon untuk membuat pekonnya menjadi lebih baik dan meningkat kearah perbaikan kualitas SDM yang ada di pekon Toto Karto Kabupaten Pringsewu. Pemilihan kepala pekon dengan cara  menggunakan metode ini akan bisa membantu kearah yang lebih baik. Adapun penilaian tim untuk menentukan siapa kepala pekon yang terpilih adalah apabila calon kepala  pekon yang memiliki nilainya paling tinggi. Dalam menentukan kepala pekon digunakan sistem pendukung keputusan. Selain itu keunggulan dalam menentukan kepala pekon, agar dapat membantu pekon Toto Karto di kabupaten Pringsewu  dalam memilih kepala pekon untuk menerima anggaran pekon. Tujuan penelitian ini untuk membuat sistem pendukung keputusan pemilihan kepala pekon di pekon Toto Karto dengan metode Weighted Aggregated Sum Product Assement (WASPAS). Kriteria yang digunakan adalah fisik, usia, kepribadian, pendidikan dan pengalaman kerja. Penerapan dalam metode Weighted Aggregated Sum Product Assement (WASPAS) akan membantu dalam menentukan siapa kepala  pekon yang terpilih di pekon Toto Karto Kabupaten Pringsewu. Hasil yang didapat adalah A1 12.00 sebagai kepala pekon di pekon Toto Karto Kabupaten Pringsewu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


J. S. W. Rakadhea Dimaski, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Menggunakan Metode WASPAS,” Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 2022.

N. M. S. Masitah Handayani, “Implementasi Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) Dalam Pemilihan Karyawan Terbaik Berbasis Sistem Pendukung Keputusan,” dalam Seminar Nasional Riset Information, Pematang Siantar, 2019.

A. F. Huda, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perumahan Menggunakan WASPAS,” Media Informasi Analisa dan Sistem, 2022.

T. W. B. S. D. Thimothy Ariel Masangin, “Sistem pendukung keputusan pemilihan tempat kos dengan metode weighted agregated sum product assesment (WASPAS) (Studi kasus Kota Kupang Nusa Tenggara Timur),” Jurnal Informasi & Pengembangan Iptek, 2021.

R. D. S. Murdani, “Penerapan Metode Waspas untuk Pengambilan Keputusan Penerimaan Siswa/i Baru,” dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi Komputer dan Sains 2019, Medan, 2019.

D. N. A. S. Indah Dwi Pradilah, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Staff Penelitian Dan Pengembangan Dengan Menggunakan Metode WASPAS,” Jurnal Sistem Informasi TGD, 2023.

R. Z. H. Mignit Finces Manao, “Penerapan Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) Pada Pemilihan Kepala Lingkungan Terbaik Medan Kota,” JITEKH, 2022.

S. L. R. Julita Theresia Aritonanga, “Penerapan Metode Waspas Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kepala Produksi Pada PT. Industri Pembungkus International,” IT Jurnal, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i2.14313

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.