APLIKASI PEMBELAJARAN FOTOGRAFI BERBASIS ANDROID

Muhammad Taher Jufri(1*), Jusmawati Jusmawati(2), Jimianus Karlodi(3)

(1) Universitas Yapis Papua
(2) Universitas Yapis Papua
(3) Universitas Yapis Papua
(*) Corresponding Author

Sari


Fotografi adalah proses menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek. Perkembangan fotografi saat ini tidak hanya digunakan sebagai pengabadi gambar saja, namun juga berkembang mengikuti manfaat yang dibutuhkan oleh manusia.

Dalam dunia fotografi, pengetahuan mengenai cara mengambil gambar, teknik foto yang baik, dan mengetahui genre foto yang sesuai menjadi kunci dasarnya. Permasalahannya, untuk memperdalam pengetahuan tentang fotografi dibutuhkan pemahaman tentang teknik fotografi. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis membuat aplikasi pembelajaran fotografi dengan penerapan augmented reality sebagai simulasi dan objek yang akan difoto.

Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan metode waterfall sebagai alur pengembangan sistem. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terbentuknya sebuah aplikasi berbasis android dengan materi berupa teknik pembelajaran fotografi yang meliputi simulasi pengenalan jenis-jenis kamera, teknik pencahayaan, pengambilan gambar dan simulasi objek foto dengan teknologi augmented reality.

Kata Kunci:  Augmented Reality, Waterfall Method, Basic Photographic Techniques.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budianto, A. E., Studi, P., Informasi, S., Malang, U. K., Studi, P., Informasi, S., & Malang, U. K. (2011). Photography is growing and the it ’ s enthusiasts is also in creasing , ADSLR camera offers variousprofessional features so capturing a moment is easy and has results . But the price of a DSLR camera is quite expensive that makes some people for should de. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Fotografi Tingkat Dasar Berbasis Android.

Hastuti, W. D. (2020). Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG | 181. September, 181–192.

Maritasari, D. B., Husni, M., Rodiah, H., Ramadhan, A. Y., & Apriana, D. (2023). Dedikasi pkm. 4(3), 451–458. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3

Raharjo, N. E. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DENGAN AUGMENTED REALITY UNTUK MATA PELAJARAN GAMBAR. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, II(1), 65–77.

Saputra, A. D. (2020). SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA FOTO BERBASIS ANDROID ( STUDI KASUS : ACE PHOTOGRAPHY WAY KANAN ). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 1(2), 87–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i1.13996

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.