SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING INDUSTRI RUMAH TANGGA

Al Fath Riza Kholdani(1*), Desy Ika Puspitasari(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Para pengrajin kerajinan tangan memiliki kelemahan dalam hal pengelolaan pemasaran, masih bersifat tradisional, artinya mereka dagangkan secara langsung. Padahal diluaran sana mungkin saja banyak orang yang memerlukan atau mencari kerajinan tangan tersebut baik dikoleksi untuk pribadi maupun dijadikan sebagai hadiah. Sisi lain adalah keterbatasannya tempat perdagangan yang sangat mempengaruhi terhadap jumlah industri dan penjualan. Sistem informasi manajemen membantu pengelolaan barang yang akan dipasarkan oleh pengrajin berbasis online atau e-commerce.  E-commerce adalah kegiatan komersil dalam pemasaran baik barang maupun jasa, proses jual beli dan kegitan perdagangan lainnya melalui sistem elektronik salah satunya berbasis web. Sistem informasi manajemen tersebut membuat pelaku bisnis memanfaatkannya dalam meningkatkan strategi pemasaran dan persaingan bisnis serta pengelolaan jual beli yang terkomputerisasi. Keamanan dan kualitas barang dagangan online masih banyak terdapat kasus ketidak sesuaian antara ekspektasi pembeli dengan barang yang telah dibeli. Salah satu cara untuk menekan beberapa ketidak pastian tersebut adalah datang langsung menemui penjual seperti halnya yang telah dilakukan oleh web E-Commerce OLX.com, tetapi jika jarak antara pembeli dan penjualan berjauhan menjadi percuma. Begitupun halnya dengan  web E-Commerce  bukalapak.com, ada fasilitas tawar menawar barang dagangan tetapi itupun hanya lewat teks.

Kata Kunci : aplikasi, e-commerce, sistem informasi manajemen


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v9i2.1378

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.