RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF INFORMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI MENGGUNAKAN SCRATCH DI SMPN 7 BUKITTINGGI

Suci Fitriana(1*), Gusnita Darmawati(2), Khai ruddin(3), Firdaus Annas(4)

(1) UIN SJECH M.DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
(2) UIN SJECH M.DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
(3) UIN SJECH M.DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
(4) UIN SJECH M.DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini di latar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SMPN 7 Bukittinggi, pada proses pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran papan tulis dan spidol, sehingga peserta didik cepat merasa bosan saat proses pembelajaran dan belum adanya sumber belajar yang berbentuk media pembelajaran game edukasi di sekolah tersebut. Adanya sarana dan prasarana di SMPN 7 Bukittinggi yang mempunyai labor informatika dan memiliki koneksi internet yang tentunya dapat dimanfaatkan ketika proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi. Media pembelajaran berbasis game edukasi ini di rancang dengan menggunakan website scratch.mit.edu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), sedangkan model pengembangan media yang digunakan adalah model Hannafin and Peck, yang terdiri dari 3 fase, yaitu Need Acces, Design dan Develop/Implement. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran berbasis game edukasi sebesar 0,83 dengan kategori “valid”. Kepraktisan game edukasi dari respon guru sebesar 0,91 dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan penggunaaan game edukasi sebesar 0,4 dengan kategori “sedang”.

Kata Kunci : Media pembelajaran, Game edukasi, Informatika, Scratch.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


F. Nasution, L. Y. Anggraini, and K. Putri Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa Edukasi Nonformal, vol. 2, no. 8.5.2017, pp. 20032005, 2022.

D. T. P. Yanto, Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik, INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 19, no. 1, pp. 7582, 2019, doi: 10.24036/invotek.v19i1.409.

H. Habe and A. Ahiruddin, Sistem Pendidikan Nasional, Ekombis Sains J. Ekon. Keuang. dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 3945, 2017, doi: 10.24967/ekombis.v2i1.48.

N. Agustian and U. H. Salsabila, Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran, Islamika, vol. 3, no. 1, pp. 123133, 2021, doi: 10.36088/islamika.v3i1.1047.

M. Andrian, N. F. Risa, and M. Rahmattullah, Penerapan Media Aplikasi Berbasis Web Educandy Sebagai Tes Pembelajaran Prakarya Di Era Digital, Semin. Nas. (PROSPEK I), vol. 1, no. 1, pp. 8185, 2022.

Y. Kartika, S. Zakir Media Pembelajaran Mobile Menggunakan Linktree, Pada Mata Pelajaran Komputer & Jaringan Dasar Di SMKN 1 Lebong Tengah vol. 12, no. 2, 2022.

L. Efriyanti, Supriadi, H. A. Musril, and S. M. Dewi Perancangan Media Pembelajaran TIK Kelas XI Menggunakan Google Sites di SMA Negeri 1 Junjung Sirih, Irje J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 164175, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i1.13705

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.