Strategi Aplikasi Sistem Affiliate Berintegrasi Web Penerimaan Mahasiswa Baru

Jauhari Maulani(1*), Ihda Innar Ridho(2), Muharir Muharir(3), Muhammad Iqbal Firdaus(4)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(4) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Era digital saat ini setiap organisasi, perusahaan maupun institusi dituntut untuk melakukan penerapan secara digital. Tidak hanya Startup, Perguruan Tinggi juga dituntut untuk masuk ke dalam lingkungan digital, karena para mahasiswa ataupun calon mahasiswa yang merupakan mayoritas kalangan muda merupakan pengguna digital. Persaingan perguruan tinggi dalam mendapatkan mahasiswa baru juga banyak strategi yang digunakan, rata-rata beberapa perguruan tinggi banyak yang menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, selain itu juga menggunakan iklan tv, radio dan promosi dari orang terdekat. Pada tahun sebelum terjadinya covid-19, angka pendaftaran mahasiswa baru lumayan tinggi, namun setelah itu menurun akibat pandemi covid-19. Penunrunan ini membuat pemikiran bagaimana bisa menaikan kembali pendaftaran mahasiswa baru, sehingga perlunya strategi baru dalam meningkatkan pendaftaran mahasiswa baru, salah satunya menggunakan teknologi marketing affiliate yang mana sistem ini terinntegrasi dengan sistem penerimaan mahasiswa baru. Penerapan sistem affiliate yang mengandalkan semua kalanangan bisa menjadi agen dari penerimaan mahasiswa baru, dengan sebaran link sistem affiliate yang dibagikan melalui  media sosial pribadi agen tersebut atau pun media digital lainnya, yang mana bisa meningkatkan promosi penerimaan mahasiswa baru sehingga pendaftaran mahasiswa baru bisa lebih meningkat dan para agen affiliator juga mendapat penghasilan tambahan dari sistem affiliate.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nuraini, A. (2018). Jual Beli dalam Praktek Affiliate Marketing pada Internet Marketing E-Commerce dalam Perspektif Hukum Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri" SMH" Banten).

Dedy Irawan, J., & Adriantantri, E. (2018). Pemanfaatan QR-Code Segabai Media Promosi Toko. Jurnal Mnemonic, 1(2).

Prathama, M. F., Putra, R. I., Dahroni, A., & Putra, E. (2021). Penerapan Metode Pemasaran Affiliate Pada Digital Marketing Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru. INTEK: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 4(1), 52-57.

Rodzy, F., & Ridho, I. I. (2021). Implementasi Algoritma Apriori terhadap Kombinasi Pola Penjualan Kuliner Sidamanik Square. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), 2(3), 167-173.

Databoks. (den 14 01 2019). Berapa Jumlah Startup di Indonesia? Hämtat från Databoks:

CISCO. (den 15 Juli 2010). PPDIOO Lifecycle Approach to Network Design and Implementation. Hämtat från Analyzing the Cisco Enterprise Campus Architecture: https://www.ciscopress.com/articles/arti cle.asp?p=1608131&seqNum=3

WeAreSocial. (den 01 01 2020). Digital in 2020. Hämtat från WeAreSocial: https://wearesocial.com/digital-2020

Maulani, J. (2020). Penerapan metode waterfall pada pengembangan aplikasi sistem informasi jasa dan penjualan dengan pemodelan berorientasi objek. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(2), 64-70.

Muharir, M., & Alamsyah, N. (2020). Pemanfaatan Mobile Push Notification Dalam Penyampaian Informasi Perkuliahan Mahasiswa Pada Fakultas Teknologi Informasi Berbasis Android. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(2), 111-118.

Noersabila, E. L., Ardiansyah, A., & Witantra, A. P. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Affiliator Shopee Dalam Mempromosikan Produk. Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa), 3(2), 1-12.

Reingen, P. H., & Kernan, J. B. (1986). Analysis of referral networks in marketing: Methods and illustration. Journal of marketing research, 23(4), 370-378.

Anggraini, L., & Muharir, M. (2022). APLIKASI E-CATALOG PADA BIRO KEWIRAUSAHAAN UNISKA BERBASIS WEB. Technologia: Jurnal Ilmiah, 13(4), 384-391.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i1.13559

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.