Peran chatbot artificial Intelligence dalam membentuk kepuasan pelanggan

Erica Titoni, Dhafa Firgana, Bryan Aditya, Tito A. Pribadi, Robby Lianto(1*)

(1) Universitas Internasional Batam
(*) Corresponding Author

Sari


Pada saat ini, teknologi sudah sangat berkembang. Salah satu bisnis yang terkenal akan perkembangannya adalah online shopping. Dimana sistem penjualan mereka, mampu melayani pelanggan secara mudah dan efisien menggunakan teknologi artificial intelligence chatbot. Chatbot merupakan salah satu metode artificial intelligence yang digunakan dalam aplikasi perpesanan yang dapat membantu menambah kenyamanan bagi pelanggan sebagai program otomatis yang berinteraksi dengan pelanggan seperti layaknya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh chatbot dalam kenyamanan pelanggan dalam berbelanja online pada e-commerce. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan secara random pada cluster tertentu yaitu mahasiswa Universitas Internasional Batam, Universitas Teknologi Batam, Universitas Universal dan Universitas Putera Batam untuk memperoleh data sebanyak 400 responden untuk diukur. Pengolahan data dilakukan untuk mendapatkan hasil sebagai berikut : (1)Teori kepuasan pelanggan (2) Efek Responsiveness (3) Efek Extrinsic Value (4) Efek Intrinsic Value (5) Peran Online Convenience (6) Peran Customer Satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan artificial intelligence chatbot dapat memudahkan penjual untuk merespon pertanyaan dari pelanggan dengan cepat. Selain itu, dengan menggunakan chatbot, pelanggan akan mendapatkan jawaban dengan mudah dan cepat. Secara singkatnya, peran ketanggapan chatbot artificial intelligence dalam membentuk kepuasan pelanggan berperan penting dalam kelangsungan terjadinya proses jual beli online pada e-commerce.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Informatika, 2(2), 85–93. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.2.56

Amalia, A., & Suprayogi, S. (2019). Social Media Chatbots for Collaborated Engagement Marketing. Channel Jurnal Komunikasi, 7(1), 33–42.

Fitra Ramadhan, F. (2021). Chatbot pada E-Commerce berbasis Android dengan Pendekatan Natural Language Processing. JCSE Journal of Computer Science an Engineering, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.36596/jcse.v2i1.100

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

Larasati Amalia, E., & Wahyu Wibowo, D. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 137–142.

Nugraha, Y., Masnita, Y., & Kurniawati, K. (2022). Peran Responsiveness Chatbot Artificial Intelligence Dalam Membentuk Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 20(3), 143–158. https://doi.org/10.29259/jmbs.v20i3.18528

Nugroho, A., Adi, D. P., & Gumelar, A. B. (2020). Chatbot Untuk Customer Service Berbasis Teks dan Suara pada Sistem Manajemen Pemesanan ( OMS ) Menggunakan Platform Android. Repositor, 2(6), 683–690.

Nurdiana, A., & Wijaya, E. (n.d.). Online Booking Chatbot Application for Blind People Using Google Dialogflow Api and Online Store Api Based on Android. Elibrary.Unikom.Ac.Id. https://elibrary.unikom.ac.id/968/14/UNIKOM_ANDI NURDIANA_JURNAL DALAM BAHASA INGGRIS.pdf

Rusdi, Z., Kobalen, S. S., Fernando, F., Maulana, A. R., & Vardha, R. A. (2022). Pengembangan Aplikasi Chatbot Pemesanan Rizqy Katering. Prosiding Serina, 2(1), 1686–1696.

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Setiawan, A., Saragih, N., Kurniawan, H., & Sari, A. B. P. (2020). Aplikasi Layanan Informasi Penjualan Pada Pt . Ouzen Anugerah Indonesia Menggunakan Api . Ai Berbasis Android. Ftik, 4(2), 519–531.

Sukarmi, Kurniaty, R., Dewantara, R., & Ikaningtyas. (2021). Re-Evaluasi Pengaturan Mengenai Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Peningkatan Daya Saing di Era Ekonomi Digital. Jurnal Magister Hukum Udayana, 10, 880–896. https://doi.org/10.24843/JMHU.2021.v10.i04.p16

Toyib, R., Reswan, Y., & Sahputry, F. A. (2022). Perancangan Sistem E-Kuesioner Kepuasan Pelanggan dan Chatbot Pada PT . PLN ( Persero ) Kota Bengkulu Berbasis Website. Jurnal Komitek, 2(2), 413–422. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v2i2 ARTICLE




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i1.13220

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.