Customer Engagement and Purchase Intention: Comparison on Different Demographic in Batam City

Jessy - Jessy(1*), Eryc - Eryc(2)

(1) Universitas Internasional Batam
(2) Universitas Internasional Batam
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, memahami keterlibatan pelanggan dan niat membeli adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan yang ingin berkembang di pasar. Penelitian ini menyelidiki dinamika keterlibatan pelanggan dan dampaknya terhadap niat membeli dengan fokus pada keragaman demografi di Kota Batam, Indonesia. Metode yang dipergunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada masyarakat yang berdomisili pada suatu kecamatan di Kota Batam. Sampel yang dilaksanakan adalah cluster disproportional random sampling. Penulis berhasil mengumpulkan 431 responden tetapi 71 responden tidak dapat digunakan sehingga total data yang dianalisis hanya 360 responden. Tidak hanya itu, mayoritas penggunaan Instagram didominasi oleh wanita sebesar 54,5% sedangkan pria hanya 45,5%. Analisis outlier, validity, reliability dan linear regression dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel mempengaruhi variabel lainnya secara signifikan. Adapun rekomendasi penulis kepada peneliti selanjutnya yaitu target analisa kedepannya dapat ditujukan ke berbagai wilayah yang berbeda agar lebih variatif.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i1.12949

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.