APLIKASI PENCATATAN KELUAR MASUK BUKU TANAH DAN SURAT UKUR PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PRINGSEWU BERBASIS ANDROID

Afrizal Martin(1*), Mardiyanto ,(2), Widianto ,(3)

(1) Institut Bakti Nusantara
(2) Institut Bakti Nusantara
(3) Institut Bakti Nusantara
(*) Corresponding Author

Sari


Pada era perkembangan teknologi yang semakin berkembang khususnya pada dunia kerja yaitu perkantoran. Banyak hal yang dapat di inovasikan dalam dunia kerja  salah satunya yaitu memanfaatkan IT. Dalam hal ini terdapat beberapa kantor yang masih belum memanfaatkan IT, salah satu nya yaitu kantor pertanahan kabupaten pringsewu dimana dalam hal ini terdapat beberapa bagian atau seksi yang masih belum menerapkan IT yaitu bagian arsip, dimana dalam sistem pencatatan buku tanah dan surat ukur masih menggunakan sistem manual melalui buku besar. untuk mempermudah dan membantu petugas arsip dalam meningkatkan kinerja, maka dari itu dibuatnya penelitian ini aplikasi pencatatan keluar masuk buku tanah dan surat ukur menggunakan Mit App Inventor. Penelitian ini didukung melalui metode System Development Life Cycle (SDLC). Hasil dari pada penelitian ini yaitu berupa aplikasi yang dapat di implementasikan sesuai dengan kebutuhan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. D. Irawan and S. A. Simargolang, “Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika,” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, p. 67, 2018, doi: 10.36294/jurti.v2i1.411.

Muhammad, “Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Buku Tanah Di Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2018.

Y. Yulisman, R. Wahyuni, and Y. Irawan, “Aplikasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web pada SMP Negeri 32 Pekanbaru,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 4, p. 252, 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i4.7345.

D. Hidayatullah, “Bab Ii Landasan Teori,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 8–24, 2018.

Y. Firmansyah and J. Jamilah, “Implementasi Sdlc Waterfall Dalam Pembuatan Game Edukasi Perjuangan Indonesia”Hisotira” Menggunakan Rpg Maker Mv Berbasis Android,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 6, no. 2, pp. 178–185, 2018, doi: 10.31294/khatulistiwa.v6i2.162.

H. F. Siregar and M. Melani, “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia,” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 113, 2019, doi: 10.36294/jurti.v2i2.425.

S. ko. Eko Hartono, “Pengertian MIT App Inventor 2 Menurut PAra Ahli 2015 dan 2016 Skripsi,” Pusat Informasi Android, 2017. http://pusatinformasiandroid.blogspot.com/2017/04/pengertian-mit-app-inventor-2-menurut.html (accessed Mar. 08, 2021).

Sutriani, M. Ulfah, and Achmadi, “Analisis Keterampilan Siswa Dalam Mengaplikasikan Program Spreadsheet Kelas X Akuntansi,” J. Pendidik. dan pengajaran khatulistiwa, vol. 8, no. 7, pp. 1–11, 2019.

I. G. S. Widharma, “Perancangan Simulasi Sistem Pendaftaran Kursus Berbasis Web Dengan Metode Sdlc,” Matrix J. Manaj. Teknol. dan Inform., vol. 7, no. 2, p. 38, 2017, doi: 10.31940/matrix.v7i2.527.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i4.12444

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.