E-COMMERCE BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMASARAN

Suyono Yono(1*), Elisabet Yunaeti Anggraeni(2), Rina Wati(3)

(1) INSTITUT BAKTI NUSANTARA - LAMPUNG
(2) INSTITUT BAKTI NUSANTARA - LAMPUNG
(3) INSTITUT BAKTI NUSANTARA - LAMPUNG
(*) Corresponding Author

Sari


Di era modern ini, perkembangan bisnis furniture berkembang pesat dengan perkembangan teknologi internet yang membuat persaingan bisnis semakin ketat. Alat pendukung yang dibutuhkan dalam bisnis ini adalah e-commerce. Dimana e-commerce yaitu perdagangan yang melibatkan produsen, konsumen, penyedia jasa dan perantara dengan menggunakan teknologi internet. Penelitian ini memiliki tujuan memanfaatkan internet untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan pangsa pasar dengan mengimplementasikan toko online berbasis aplikasi android di toko Muji Mebel. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu pengumpulan data dan metode pengembangan sistem. Saat tahap pengumpulan data, penulis langsung mendatangi lokasi objek penelitian dan mengumpulkan informasi tentang Muji Mebel Pagelaran, kemudian melihat bagaimana informasi tersebut dipublikasikan. Sedangkan pada tahap pengembangan sistem, penulis menggunakan model waterfall, dimana metode waterfall memiliki 5 tahap yaitu pasca analisis, perancangan sistem, implementasi, pengujian sistem dan pemeliharaan. Penulis berkesimpulan bahwa dengan teknologi yang terus berkembang dan persaingan yang ketat di dunia bisnis, Muji Mebel mengambil langkah untuk membuat aplikasi e-commerce untuk memudahkan penjualan dan pemasaran. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

E. Yanuarti, P. Romadiana, and K. Kiswanto, “Model Web E-Commerce Guna Memperluas Pemasaran Produk Furniture,” Jurnal SITECH : Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 4, no. 2, pp. 165–172, 2022, doi: 10.24176/sitech.v4i2.6903.

G. Ferry Mandias, O. Lengkong, F. Somba, and M. A. Sambur, “Aplikasi HC-Furniture Untuk Penjualan Produk Mebel HC-Furniture Application For Furniture Product Sales,” Cogito Smart Journal |, vol. 8, no. 2, pp. 457–468, 2022.

D. Desa et al., “E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Industri Rumah Tangga,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), vol. 1, no. 3, pp. 115–120, 2021, doi: 10.52436/1.jpmi.26.

B. D. Hartono, “PENERAPAN APLIKASI MARKETPLACE FURNITURE BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PROGRESS ORDER BAGI PEMESAN,” (Doctoral dissertation, UNISNU Jepara), 2019.

Sapri, D. M. Sari, D. A. Trianggara, Heti, and B. Poyemi, “E-Voting Ketua Osis Di Sekolah SMK Negeri 1 Kepahiang Berbasis Android,” Jurnal Dehasen Untuk Negeri, vol. 2, no. 1, pp. 103–106, 2023.

A. Irawan, M. Risa, T. Noor, and P. Negeri Banjarmasin, “REMASTERING SISTEM OPERASI ANDROID UNTUK PENINGKATAN PERFORMA PADA LENOVO A6000 PLUS,” Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Article history, vol. 4, no. 1, pp. 12–16, 2018.

H. Mukhtar, “Sistem Informasi Deteksi Kehadiran dan Media Penyampaian Pengumuman Dosen Dengan Menggunakan Teknik Pengenalan QR Code,” Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 3, no. 2, pp. 89–99, Jul. 2018, doi: 10.36341/rabit.v3i2.445.

E. M. Rianof, B. P. Adhi, Z. E. Ferdi, and F. Putra, “PENGEMBANGAN APLIKASI M-COMMERCE PADA TOKO OPTIK MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO,” 2020.

Suyono and M. K. Ulmahmuda, “Sistem Informasi Berbasis Web Pada Kios Burung Bapak Yadi,” JTKSI, vol. 02, no. 01, pp. 34–37, 2019.

F. Yusron and Suyono, “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Visual Basic 6.0 (Studi Kasus STMIK Pringsewu),” 2018.

S. Reffa Tiara, Suyono, Trisnawati, and S. Mukodimah, “Design Of WEB Mobile Accademic Information System in MTS Islamiyah School Sukoharjo,” JPGMI, vol. 6, no. 1, pp. 48–55, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i4.12302

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.