TRANSFORMASI PELAYANAN PELANGGAN: IMPLEMENTASI E-CRM PADA BISNIS TEH NUSANTARA BERBASIS WEBSITE

Putri Taqwa Prasetyaningrum(1*), Adi Ronggo Wicaksono(2), Hamam Nurrofiq(3)

(1) universitas mercu buana yogyakarta
(2) universitas mercu buana yogyakarta
(3) universitas mercu buana yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Perkembangan pesat dalam dunia bisnis telah menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat. Situasi ini mendorong perusahaan, termasuk bisnis Teh Nusantara yang mengkhususkan diri dalam penjualan teh dengan varian rasa unik, untuk beradaptasi dengan cepat menghadapi perubahan pasar. Meskipun begitu, bisnis Teh Nusantara belum memanfaatkan platform website sebagai sarana mempermudah pelanggan dalam membeli produk. Oleh karena itu, menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan menjadi sangat penting untuk kelangsungan bisnis, karena mempertahankan pelanggan yang sudah ada jauh lebih berarti daripada mencari pelanggan baru. Dalam situasi persaingan yang sangat ketat ini, kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama. Untuk menghadapinya, perusahaan membutuhkan langkah-langkah strategis yang tepat. Customer Relationship Management (CRM) hadir sebagai solusi yang mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh perusahaan. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan memanfaatkan teknologi Customer Relationship Management (CRM) berbasis website. Penelitian ini akan menggambarkan bagaimana implementasi CRM berbasis website dapat membantu bisnis Teh Nusantara memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka. Melalui teknologi ini, perusahaan dapat lebih efektif dalam memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, memberikan layanan yang lebih personal, serta meningkatkan interaksi dengan pelanggan dengan tujuan meningkatkan retensi dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi bisnis Teh Nusantara dan perusahaan lainnya dalam menghadapi persaingan bisnis yang ketat. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan tentang bagaimana teknologi CRM berbasis website dapat meningkatkan kinerja bisnis dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Keywords:  Customer Relationship Management, CRM, bisnis Teh Nusantara, kepuasan pelanggan, persaingan bisnis, teknologi berbasis website


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


O. Dyantina, M. Afrina, and A. Ibrahim, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN) 1,2,3,” Sist. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 516–529, 2012, [Online]. Available: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

E. Soraya and H. Sazali, “Implementasi CRM ( Customer Relationship Management ) Di Perpustakaan Daerah Medan,” Pustaka Karya J. Ilm. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 11, no. 1, pp. 23–33, 2023.

J. P. Wildyaksanjani and D. Sugiana, “Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero),” J. Kaji. Komun., vol. 6, no. 1, p. 10, 2018, doi: 10.24198/jkk.v6i1.8754.

Y. Irawan, “SISTEM INFORMASI PEMASARAN BUSANA SYAR’I DENGAN PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB,” Intecoms J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2019.

L. Masri, T. H. Pudjiantoro, and A. I. Hadiana, “Klasisfikasi Indek Kepuasan Nasabah Menggnunakan Metode Binary Classification Dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk CRM Di Asuransi Bumi Putera Bandung,” Informatics Digit. Expert, vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.36423/index.v2i02.584.

P. Taqwa et al., “Model Social CRM Sebagai Strategi Bisnis Pariwisata Provinsi Sumatera Utara,” Semin. Nas. Inform., vol. 2015, no. November, pp. 245–251, 2015.

M. T. Kamil, R. T. Andri Agus, and I. A. Lubis, “Customer Relationship Management Untuk Meningkatkan Minat Pelanggan Di Toko Egalite Jaya Bunut Royal Shoes,” JUTSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 2, no. 3, pp. 177–184, 2022, doi: 10.33330/jutsi.v2i3.1884.

D. P. Ramadhani, H. Syafwan, and C. Latiffani, “Penerapan Metode E – CRM Pada Toko Wati Collection,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 4, pp. 3503–3518, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i4.2839.

R. Wulandari and K. D. Hartomo, “Rancangan Arsitektur Sistem Informasi E-Customer Relationship Management Menggunakan Metode Enterprise Unified Process,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 3, p. 1387, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4324.

M. I. Nugraha, M. A. Baihaqi, P. Wicaksono, and A. H. Lubis, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP BERBASIS WEBSITE DI KANTOR PERTANAHAN KOTA MEDAN,” Technologia, vol. 14, no. 2, pp. 94–99, 2023.

A. Helmina, D. Irfan, and H. Effendi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web di SMK N 1 Ranah Batahan,” J. VOKASI Inform., vol. 3, no. 2, pp. 64–71, 2023.

N. Fauziah, “Aplikasi Fishbone Analysis dalam Meningkatkan Kualitas Produksi Teh pada PT Rumpun Sari Kemuning, Kabupaten Karanganyar,” Univ. Sebel. Maret Surakarta Fak. Pertan., p. 96, 2014, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/16507074.pdf

S. Liawatimena, T. Arifianto, Y. Saliu, and H. A. Salim, “Analisis Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Pasien Pusat Jantung Nasional Harapan Kita,” The Winners, vol. 3, no. 1, p. 56, 2002, doi: 10.21512/tw.v3i1.3832.

F. R. Kodong, “Pengembangan Customer Relationship Management,” Telematika, vol. 7, no. 2, 2015, doi: 10.31315/telematika.v7i2.420.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i4.12157

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.