KAJIAN KEBERHASILAN APLIKASI SMART BIROKRASI PADA BKPSDM KABUPATEN TABALONG

Yusri Ikhwani(1*), Marisa Andani(2), Aditya Rahman(3)

(1) FTI UNISKA MAB
(2) FTI UNISKA MAB
(3) FTI UNISKA MAB
(*) Corresponding Author

Sari


BKPSDM Kabupaten Tabalong merupakan salah satu perangkat daerah yang berfungsi dalam memberikan layanan kepegawaian di pemerintahan. Dalam rangka membuat layanan kepegawaian lebih efektif dan efisien, dibangunlah sebuah aplikasi SMART BIROKRASI yang terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Tabalong.

Penelitian ini akan mempelajari proses layanan kepegawaian melalui aplikasi SMART BIROKRASI di BKPSDM Kabupaten Tabalong. Selanjutnya proses yang dilakukan yaitu mengumpulkan informasi mengenai proses berjalan yang terjadi di aplikasi SMART BIROKRASI dengan membuat daftar beberapa kemungkinan-kemungkinan penerapan Enterprise Information System pada aplikasi SMART BIROKRASI di BKPSDM Kabupaten Tabalong.

Hasil akhir dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibuat telah mampu menjawab permasalahan yang dihadapi, dengan aplikasi SMART BIROKRASI pelayanan kepegawaian ini menjadi lebih cepat, mudah, transparan, efektif dan efisien, dan kesulitan dalam pencarian data sebelumnya dikarenakan rentan mengalami kerusakan, kehilangan, dan tidak terlindungi dengan baik yang sebelumnya sering terjadi pada sistem manual dapat diminimalisir. Sistem ini telah mengurangi pemborosan kertas dan dapat dikembangkan lebih lanjut dan direplikasi di masa yang akan datang.

 

Keywords:  Application, SMART BIROKRASI, Effective, Efficient

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.

Muslihudin, Muhamad, dkk. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Andi.

Raharjo, dkk. 2021. Sistem Informasi Terintegrasi Monitoring, Evaluasi Dan Pengusulan Surat Keterangan Online Akademik. Technologia

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Syafitri, Yuli, dkk. 2022. Sistem Informasi Manajemen. Indramayu: Adab.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v13i4.11895

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.