FAKTOR-FAKTOR INDIVIDU YANG MEMENGARUHI KEINGINAN UNTUK BERSEDIA MENGGUNAKAN MOBILE PAYMENT: SEBUAH LITERATURE REVIEW

Radinal Setyadinsa(1*), Nurhuda Maulana(2)

(1) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
(2) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Mobile payment telah menjadi tren penting dalam industri keuangan di era digital yang terus berkembang. Mobile payment memungkinkan pengguna melakukan transaksi melalui perangkat seluler mereka. Menggantikan metode pembayaran konvensional seperti uang tunai atau kartu kredit, penggunaan pembayaran melalui ponsel telah mengubah cara kita membayar. Namun, banyak orang masih ragu untuk menggunakan mobile payment. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan dan menganalisis lebih lanjut faktor-faktor individu yang memengaruhi minat menggunakan mobile payment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ease to use, usefulness, trust, dan security adalah faktor-faktor individu yang mendukung minat menggunakan mobile payment.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


F. Asri and R. Nurhasanah, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Payment di Indonesia,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 1, pp. 1–12, 2022.

E. Suryani and H. Syahputra, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Mobile Payment: Studi Kasus di Indonesia,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 17, no. 2, pp. 197–206, 2021.

M. H. Idris, T. Ramayah, and N. Alias, “ Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Payment di Kalangan Generasi Y: Pendekatan Model Penerimaan Teknologi Terpadu,” Jurnal Pengurusan, vol. 58, pp. 115–126, 2020.

D. L. Amoroso and R. Magnier-Watanabe, “Building A Research Model For Mobile Wallet Consumer Adoption: The Case of Mobile Suica In Japan,” Kennesaw State University, Coles College of Business, Kennesaw, Georgia, USA. University of Tsukuba, Graduate School of Business Sciences, Tokyo, Japan, 2011.

K. Pousttchi, “Conditions for acceptance and usage of mobile payment procedures,” MPRA Paper, p. 2912, 2003.

N. Kreyer, K. Pousttchi, and K. Turowski, “Standardize Payment Procedures as Key Enabling Factor for Mobile Commerce Proceeding,” Proceeding of the 3rd International Conference on Electronic Commerce and Web Technologies – EC-WEB 2002, Aix-en-Provence 2002, pp. 400–409, 2002.

R. Setyadinsa, M. Rifki Shihab, and Y. Giri Sucahyo, “Individual Factors As Antecedents of Mobile Payment Usage,” in 2018 5th International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI), IEEE, 2018, pp. 514–518.

V. Venkatesh and F. D. Davis, “A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies,” Manage Sci, vol. 45, no. 2, pp. 186–204, 2000.

R. Ferdiansah, “Literature Review - Literature Review : Pengertian, Contoh, Cara Membuat, Manfaat, PDF,” https://internationaljournallabs.com/blog/literature-review/, May 14, 2023.

G. Liu and P. T. Tai, “A Study of Factors Affecting the Intention to Use Mobile Payment Services in Vietnam,” Economics World, vol. 4, no. 6, pp. 249–273, 2016, doi: 10.17265/2328-7144/2016.06.001.

H. Ting, Y. Yacob, L. Liew, and W. M. Lau, “Intention to Use Mobile Payment System : A Case of Developing Market by Ethnicity,” Procedia Soc Behav Sci, vol. 224, no. August 2015, pp. 368–375, 2016, doi: 10.1016/j.sbspro.2016.05.390.

W. Sinclair, L. Maulia, and T. Novianti Sitanggang, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan Mobile Payment pada Teknologi Pembayaran Gopay,” Owner (Riset & Jurnal Akuntasi), vol. 5, no. 1, pp. 229–239, Feb. 2021, doi: 10.33395/owner.v5i1.357.

A. Putra Perdana, T. Lathif Mardi Suryanto, and A. Faroqi, “Analisis Penerimaan Teknologi Mobile Payment (Studi kasus Pengguna Aplikasi OVO),” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 12, no. 1, pp. 65–74, Apr. 2023.

D. Khornida Marheni and G. Melani, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Menggunakan Mobile Payment pada Masyarakat Kota Batam,” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), vol. 4, no. 2, pp. 804–815, Jun. 2021, doi: 10.36778/jesya.v4i2.399.

A. Muna Almaududi Ausat, S. Suherlan, T. Pirisal, F. Ilmu Administrasi, and U. Brawijaya, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Mobile Commerce,” Cogito Smart Journal, vol. 7, no. 2, pp. 265–277, Dec. 2021.

M. Fauziyah, S. -, and S. Hadi Utomo, “Perilaku Konsumsi Mahasiswa Menggunakan Mobile Payment,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 6, no. 2, pp. 206–212, Feb. 2021, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

A. Lintangdesi Afriani and K. Hayati, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGGUNAAN APLIKASI DOMPET DIGITAL MELALUI TECHONOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM),” Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan (KOMASKAM), vol. 4, no. 2, pp. 40–60, Oct. 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i4.11579

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.