APLIKASI INFORMASI CUACA EKSTRIM DAN GEMPA BUMI

YUSRI IKHWANI(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2009 tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

 

Kondisi alam dan geografis Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan negara kepulauan terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik yang suatu saat terjadi interaksi yang berakibat terjadinya gempa dan juga merupakan negara yang memiliki begitu banyak gunung berapi aktif.

 

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia terletak di daerah iklim tropis dengan dua musim yaitu panas dan hujan dengan ciri-ciri adanya perubahan cuaca, suhu dan arah angin yang cukup ekstrim sehingga sering terjadi banjir dan tanah longsor.

 

Di era digital suatu informasi sangat bermanfaat bagi masyarakat, dimana informasi penting harus cepat tersebar ke masyarakat yang berasal dari suatu lembaga resmi agar informasi yang didapat oleh masyarakat bukan suatu informasi yang menyesatkan atau hoax. Adapun        tujuan  yang      akan

Dicapai dalam penelitian ini menganalisa, merancang dan mengimplemetasikan suatu sistem yang dapat memberikan informasi valid ke masyarakat secara cepat dan akurat sesuai dengan motto dari BMKG yaitu cepat, tepat, akurat, luas dan mudah difahami. Hasil dalam penelitian ini adalah dapat diterapkannya aplikasi informasi peringatan dini cuaca yang ekstrim dam gempa bumi serta informasi yang diberikan ke masyarakat berupa pesan pendek SMS secara cepat, tepat, akurat, dan mudah difahami oleh masyarakat.

 

Kata Kunci : BMKG, Cuaca, Gempa, SMS Gateway


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v8i3.1136

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.