Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kelas XI Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning

gus nidar(1*)

(1) STKIP MUHAMMADIYAH SUNGAI PENUH
(*) Corresponding Author

Sari


Akibatnya rendahnya nilai matematika siswa dikarenakan banyak siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran berlagsung dan banyak siswa yang kurang mengulang kembali materi yang sudah dipelajari di sekolah. Salah satu untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, agar pembelajaran lebih aktif hendaknya.Tujuan dari penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas XI .Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  objek penelitian ini semua kelas XI SMK Negeri I Sungai Penuh. Subjek dari penelitian ini XI akuntansi I yang jumlah siswa 27 orang yang terdiri laiki-laki 1orang dan perempuan 26 orang. Dimana instrumen penelitian adalah tes hasil belajar non tes berupa lembar observasi.

                Setelah dilakukan analisis dan refleksi diperoleh hasil belajar siswa meningkat  dari siklus ke siklus berikutnya. Mengalami peningkatan. Mulai dari siklus I Siswa yang memperoleh nilai yang diatas dari 60 adalah : 16 orang dengan persentase ketuntasan = 66,66% siswa yang memperoleh nilai kurang dari 60 adalah :17orang dengan persentase tidak tuntas = 45,84% mencapai rata-rata 48,51 pada siklus II mencapai rata sudah melebihi dari KKM rata-rata kelasnya 72,59  jumlah siswa yang tuntas 27 orang siswa. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning telah mencapai target ≥65.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning                                                 

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i3.11356

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.