Rekomendasi Jurusan Kuliah Berdasarkan Minat dan Kemampuan Menggunakan Metode Content Based Filtering

Tiara Amelia(1*), Prajoko .(2), Agung Pambudi(3)

(1) Universitas Muhamaadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhamaadiyah Sukabumi
(3) Universitas Muhamaadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author

Sari


Pendidikan merupakan hak  dan kewajiban semua warga negara. semakin baik kualitas pendidikan semakin baik kualitas bangsa itu sendiri. Pemerintah negara indonesia memiliki kebijakan belajar selama dua belas tahun yaitu dari Sekolah Dasar sampai menengah keatas. Perguruan tinggi memang tidak diwajibkan, tetapi peran nya sangat penting dalam mencetak generasi berkualitas.Tingkatan yang di miliki perguruan tinggi akan berbeda dengan sekolah menengah atas. Dalam perguruan tinggi seorang mahasiswa akan belajar berdasarkan jurusan yang dipilih sebelumnya. Oleh karena itu memilih jurusan yang tepat merupakan hal pertama yang harus di persiapkan secara matang oleh calon mahasiswa baru. Salah memilih jurusan akan berakibat fatal bagi mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah pemodelan rekomendasi dengan  mengunakan metode Content Based Filtering. dengan tujuan menentukan jurusan yang sesuai dengan minat kemampuan yang dimiliki siswa. Peneliatan tersebut dilakukan di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, dengan Data pemodelan berupa data data mahasiswa yang saat ini sedang berkuliah di perguruan tinggi tersebut. selain menghasilkan pemodelan rekomendasi, peneliti juga menghitung nilai akurasi dari pemodelan yang telah dibuat dengan metode Content Based Filtering. dengan menggunakan Naïve bayes jenis MultinomialNB serta menggunakan Confusion Matrik. Hasil akurasi yang dihasilkan sebesar 94%

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i3.11336

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.