RANCANG BANGUN APLIKASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN ONLINE BARITO KUALA (STUDI KASUS : DISDUKCAPIL KOTA MARABAHAN)

Muhammad Rais Wathani(1*), Mirza Yogy Kurniawan(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Sejak Covid-19 menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, Disdukcapil kota Marabahan mulai meningkatkan layanannya dari konvensional menjadi berbasis IT atauweb. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah adanya keterbatasan akses dan waktu. Masalah ini biasanya terjadi pada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil atau sulit dijangkau, sehingga menyebabkan masyarakat kesulitan dalam mengurus administrasi kependudukan yang membutuhkan kehadiran fisik di kantor pelayanan administrasi kependudukan. Oleh karena itu Disdukcapil kota Marabahan perlu meningkatkan aplikasinya menjadi berbasis Online (Web dan Mobile) sehingga mampu diakses melalui perangkat smartphone. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk melacak status pengajuan (seperti pengajuan baru, sudah terkirim, sedang diproses, sudah ada di tangan kurir, proses pengiriman) sehingga masyarakat dapat memantau proses administrasi kependudukan mereka dengan lebih mudah, selain itu juga terdapat fitur review dari penduduk berupa pemberian tanda bintang.

Keuntungan dari aplikasi Administrasi Kependudukan berbasis online ini adalah mempercepat proses administrasi kependudukan dan mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan oleh masyarakat untuk datang ke kantor Disdukcapil. Selain itu, aplikasi ini juga membantu pemerintah dalam mengelola data kependudukan dengan lebih efisien dan akurat, serta membantu pemerintah dalam mengelola dan memanfaatkan data kependudukan dengan lebih baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. R. Yusi Eva Batubara, “Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Meningkatkan Tertib Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Majalengka,” Jurnal Konstituen, vol. 4 (2), pp. 132-144, 2022.

G. A. K. F. Yurri Apriana Rudiansyah, “Kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada masa pandemi covid 19 di dinas kependudukan dan pencatatan sipil,” KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, vol. 18 (4), pp. 513-520, November 2021.

A. Ripa'i, “Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Teknologi Informasi Menuju Single Identity Number Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat,” Jurnal Dukcapil, vol. 3 (1), pp. 67-85, Juni 2018.

Y. N. Yudha Mardhatillah, “Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pelayanan Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng,” Jurnal Kontituen, vol. 4 (2), pp. 114-131, Oktober 2022.

Z. R. d. F. Y. R. Vivi Olivia Reindra Lestari, “Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil,” Jurnal Ilmu Administrasi Negara, vol. 16 (1), pp. 118-123, Juli 2020 .

A. P. Mansien, “Problematika Kewenangan Administrasi Kependudukan Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2019,” Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, vol. 19 (2) , pp. 128-150, 2020.

A. P. A. P. K. R. K. D. Herman Tolle, Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak, Malang: Universitas Brawijaya Press, March 2017.

M. F. Rahmadana, Ekonomi Digital, Bandung: Nilacakra, 2021.

D. Zaliluddin, “Aplikasi Administrasi Online Berbasis Android Menggunakan Google Apps Sebagai Sarana Pelayanan Masyarakat Ditengah Pandemi Covid19,” JSiI : Jurnal Sistem Informasi, vol. 8 (2), pp. 96-99, September 2021.

F. A. Darmanta Sukrianto, “Sistem Informasi Tracking Pengurusan Ktp Berbasis Web Pada UPTD Disdukcapil Kecamatan Marpoyan Damai,” Jurnal Intra Tech, vol. 4 (2), pp. 60-68, Oktober 2020.

W. R. &. Afriyudi, “Pengembangan Aplikasi Sistem Pelayanan Masyarakat Berbasis Android: Studi Kasus Kecamatan Payaraman Ogan Ilir,” Jurnal Pengembangan Sistem Informasi dan Informatika, vol. 2 (4), no. 235-247, October 2021.

C. A. Solehatin, E–Deteksi Kematangan Buah Jeruk Banyuwangi Mengunakan Metode KNN Berbasis Android, Yogyakarta: Deepublish, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i4.11000

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.