APLIKASI PENGELOLAAN REKAM MEDIS PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN PUSTU DESA SIMPANG EMPAT

Sefto Pratama(1), Agus Alim Muin(2*), Muhammad Amin(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Sistem yang telah berjalan di Pustu Desa Simpang Empat mengalami beberapa kendala khususnya dalam pengelolaan data rekam medis yang sering di hadapi seperti, sulitnya dalam pencatatan pasien yang berobat yang sering kali membuat data dari pasien yang sulit dibaca juga hilang atau rusaknya buku laporan hingga sulitnya dalam mengelola riwayat penyakit pasien, serta laporan bulanan yang membuat tenaga kesehatan harus mendata ulang pasien yang datang selama satu bulan. Rekam medis merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan fasilitas kesehatan, dengan adanya data sistem rekam medis secara terkomputerisasi memudahkan bagi tenaga kesehatan dalam pendataan pasien juga memonitoring riwayat kesehatan pasien, bagi masyarakat yang berobat hasil dari rekam medis yang diterima dapat menjadi pegangan dalam mengetahui catatan kesehatan dan juga sebagai lampiran yang nantinya dapat dijadikan bahan untuk rujukan ke fasilitas kesehatan lainnya seperti rumah sakit.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurahman, Hasan; Riswaya, Asep Ririh. (2014) Aplikasi pinjaman pembayaran secara kredit pada bank yudha bhakti. Jurnal Computech & Bisnis.

Jogiyanto dalam Guidio, (2011) Pengertian Aplikasi, .

Suyanto, Muhammad, et al. (2004) Analisis & desain aplikasi multimedia untuk pemasaran. Penerbit Andi,.

Pengertian Aplikasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1998 : 52

Handiwidjojo, Wimmie. (2015) "Rekam medis elektronik." Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains 2.1.

Helling, Lydia Salvina, Endang Wahyudi, and Hasanudin Hasanudin. (2019) "Siremis: Sistem Informasi Rekam Medis Puskesmas Kecamatan Matraman Jakarta." INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi 3.2.

Pratama, S. (2016). Penerapan Sistem Informasi Posyandu Mawar Kelurahan Simpang Empat. Technologia: Jurnal Ilmiah, 7(4).

Pratama, S. (2020). Perancangan Aplikasi Monitoring Kesehatan Masyarakat Desa Simpang Empat Berbasis Web. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(1), 51-58.

Syifani, Dita, and Ardiansyah Dores. (2018) "Aplikasi Sistem Rekam Medis di Puskesmas Kelurahan Gunung." JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer 9.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i2.10693

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.