Aplikasi Absensi Pegawai Berbasis Android (GPS) Pada Command Center DISKOMINFO Lampung Tengah

Tri Susilowati(1*), Sri hartati(2), Bejo Dwi Handoko(3)

(1) Institut Bakti Nusantara
(2) IBN
(3) IBN
(*) Corresponding Author

Sari


Pesatnya perkembangan Teknologi di berbagai sektor dan berbagai aspek, terlebih dalam beberapa dakade terakhir. Pemanfaatan teknologi sudah menjadi hal wajib dalam mendukung efektivitas suatu bekerja. Teknologi secara menyeluruh yang kini digunakan oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia adalah smartphone (ponsel pintar) yang menggunakan sistem Android. Dengan adanya teknologi ini, penyampaian dan pengiriman informasi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi android yang dapat membantu pegawai untuk melakukan absensi dengan lebih mudah dan akurat di masa pandemi Covid-19. Metode absensi yang banyak digunakan oleh pegawai selain secara manual adalah secara elektronik dengan menggunakan pemindaian sidik jari (fingerprint) dan pemindaian retina mata (iris recognition system). Metode yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah Rapid Application Development (RAD). Absensi pegawai yang dilakukan dengan sistem ini dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan absensi dengan menggunakan smartphone android pribadi. Selain merekam waktu, posisi saat melakukan proses absensi pun akan terekam karena aplikasi ini menggunakan GPS (Global Positioning System).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Husain, dkk, “Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT.Sintech Berkah Abadi”, Technomedia Journal Vol.1 No.2, 2017.

B.B. Sumolang, dkk, “Aplikasi Absensi Jemaat Berbasis Android”, Jurnal Teknik Informatika, Vol 13, No 2, 2018.

Harni Kusniyati, dkk, “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android”, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 9, No. 1, 2016.

Kenji Andrean, dkk, “Sistem Tempat Parkir Terintegrasi yang Dilengkapi dengan Aplikasi Mobile dan Mikrokontroller”, Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology, Vol. 2, No. 1, 2020.

N.K.C. Dewi, dkk. “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android”, Sintech Journal, Vol. 1, No 2, 2018.

Romi Choirudin, Ahmat Adil, “Implementasi Rest Api Web Service Dalam Membangun Aplikasi Multiplatform Untuk Usaha Jasa”, Jurnal Matrik, Vol.18, No.2, 2019.

Sandro Alfeno, dkk, ”Implementasi Global Positioning System (GPS) dan Location Based Service (LSB) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek”,Jurnal Sisfotek Global, Vol. 7, No. 2, 2017.

S.N. Anwar, dkk, “Perancangan dan Implementasi Aplikasi Mobile Semarang Guidance pada Android”, Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, Vol. 20, No. 1, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i2.10340

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.