MEMBANGUN WEBSITE UPT SD NEGERI 1 SUKOHARJO I PRINGSEWU MENGGUNAKAN PHP & MYSQL

Elisabet Yunaeti Anggraeni(1*), Suyono Suyono(2), Walterindra GP(3)

(1) Institut Bakti Nusantara - LAMPUNG
(2) Institut Bakti Nusantara - LAMPUNG
(3) Institut Bakti Nusantara - LAMPUNG
(*) Corresponding Author

Sari


Website berfungsi sebagai media untuk memudahkan sekolah berbagi informasi dengan orang tua dan guru. Website juga merupakan  media komunikasi  pihak sekolah  dengan  instansi  terkait  lainnya. UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu merupakan salah satu sekolah yang masih membutuhkan sarana teknologi informasi website untuk menyampaikan informasi lebih luas, UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu adalah salah satu instansi pendidikan yang belum memiliki website. Untuk itu perlu dibuatnya website sebagai sarana penyampaian informasi kepada warga sekolah maupun masyarakat luas mengenai UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu. Dalam merancang sistem  informasi Website Sekolah  SDN  1  Sukoharjo I Pringsewu menggunakan metode  pendekatan sistem dengan model waterfall. Model waterfall adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang sistematis dan sekuensial dimulai dari tingkat analisis, desain, kode, pengujian, dan, pemeliharaan. Proses pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi serta melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber referensi. Dalam pembuatan system ini digunakan alat bantu pengembangan system yaitu dengan menggunakan, XAMPP, Sublime Text 3 dan phpMyAdmin sebagai databasenya. Website ini di gunakan sebagai sarana informasi baik itu siswa, guru maupun masyarakat luas. Website berbentuk dinamis yang memungkinkan menarik pengunjung maupun calon siswa baru untuk mendaftar. Website ini juga  dapat dimanfaatkan oleh operator sekolah dalam pemutakhiran data guru sebagai instrumen monitoring.

 

Kata Kunci : Website, Sublime Text 3, UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azis, Sholecul. 2012. Menguasai PHP dan MySQL.Jakarta: Kuncikom.

Rahmawati, Lina. Agustus 2012. Perancangan Website sebagai Sarana Promosi pada MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang. Jurnal Telematika. Volume 5 No.2. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/224/199. STMIK Amikom Purwokerto.

Hidayat, Abdurahman, dkk. Desember 2019. Membangun Website Sma Pgri Gunung Raya Ranau Menggunakan Php Dan Mysql. JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya. 2 (2), (2019) 41-52.

Enterprise, Jubilee. 2017. Pemrograman PHP7 untuk Pemula. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Josi, Ahmad. Juni 2017. “Penerapan Metode Prototiping Dalam Pembangunan Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang)”. JTI, Vol 9 No.1.

Indra Rianto, S.Kom., M.T, “Perancangan Dan Pengembangan Penentuan Uang Kuliah Tunggal Menggunakan Codeigniter,” Lakeisha, 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i2.10275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.