Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Pada Masa Pandemi Covid-19 di Agro Belimbing Moyoketen Tulungagung

Devi Nindya Nur Anugraheni(1*), Sri Eka Astutiningsih(2)

(1) UIN Sayyid Ali Rahmatullah
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is supported by the tourim that attractive and develop well nowdays. We need to develop the tourism well to be interested. One of the place that showes the beautiful of plantation, nature, and education of starfruit tourism is Starfruit. The problem and objective research are the strategy, the constraint, and the effort of the management faced during the Covid-19 pandemic. This study uses a qualitative approach while the data is taken from the method of observation, interviews, and documentation and the application using SWOT analysis. The results of this study indicate that we need to use information media to promote agro-tourism through various social media, especially during the Covid-19 pandemic, cause many people are actively online. Furthermore, the formulation of strategies used in the management of starfruit agrotourism faced by Covid-19 pandemic which affects the course of tourism by considering various external organizational factors including opportunities, namely Moyoketen Boyolangu Tulungagung agrotourism which has a location and road access that is easy to pass and find my community, so that it can be used to build various tourist areas.

 

Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan pariwisata saat ini semakin pesat. Untuk membangun sebuah pariwisata yang menarik perlu dilakukan pengembangan yang baik. Satu di antara tempat wisata yang mengunggulkan keindahan alam perkebunan dan wisata edukasi seputar buah belimbing disebut dengan agrowisata belimbing. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah strategi yang dilakukan oleh pengelola di Agrowisata Bielimbing Desa Moyoketen Kabupaten Tulungagung di masa pandemi Covid-19, kendala yang dihadapi oleh pengelola dan upaya yang sudah dilakukan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif. Sedangkan data yang diambil adalah menggunakan method observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwamemanfaatkan media informasi untuk melakukan promosi agrowisata melalui berbagai media sosial apalagi dimasa pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang beraktivitas secara online. Selanjutnya formulasi strategi yang dilakukan dalam pengelolaan agrowisata petik belimbing dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang berpengaruh pada jalannya wisata dengan mempertimbangkan berbagai faktor eksternal organisasi diantaranya opportunities (peluang) yaitu agrowisata Moyoketen Boyolangu Tulungagung yang memiliki lokasi dan akses jalan yang mudah untuk dilalui dan ditemukan oleh masyarakat, sehingga dapat dimanfaatkan untuk membangun kawasan wisata yang bervariasi.


Keywords


Strategi, Pengembangan, Agrowisata, Covid-19



DOI: http://dx.doi.org/10.31602/iqt.v7i2.5492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is indexed by:

             

--------------------------------------------------------------------------------------------

Al-Iqtishadiyah : Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License