PEMANFAATAN TEKONOLOGI INFORMASI (TI) DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEBAGAI REPRESENTASI BERKEMBANGNYA BUDAYA PROFESIONAL KONSELOR DALAM MELAYANI SISWA

Sumarwiyah Sumarwiyah(1*), Edris Zamroni(2)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus
(*) Corresponding Author

Sari


Tantangan era millennial yang diperkuat dengan diberlakukannya Masyarakat Ekkonomi ASEAN adalah bagaimana memanfaatkan teknologi sebagai tools yang memperlancar pekerjaan manusia. Bimbingan dan konseling adalah salah satu bidang yang menangkap peluang tersebut dalam pelaksanaan layanannya. Upaya ini merupakan wujud pembudayaan profesionalisasi berbasis teknologi pada konselor dalam melayani siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abkin. 2008. Penegasan Profesi Bimbingan dan Konseling Alur Pikir Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: Abkin.

Chaeruman, Uwes A. 2008. Mendorong Penerapan E-learning Di Sekolah. Disajikan dalam Seminar Pendidikan STKIP Banten, 29 Desember 2008.

Cogoi, Cristina, dkk. 2008. E-Guidance & Virtual career development. Journal of Career Development. Iowa: Sage.

Hartono. 2009. Efektifitas Bimbingan Karier Berbantuan Komputer Terhadap Kemandirian Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Surabaya. Disertasi (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Negeri Malang.

Hidayah, Nur dan Triyono. 2009. Pengembangan Model Konseling Kolaboratif Berbasis ICT. Disajikan dalam Kongres Nasional ABKIN 2009, Surabaya September 2009.

http://file.upi.edu/antropologibudaya/ diakses 26 Mei 2012

Ifdil. 2011. Penyelenggaraan Layanan Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-Konseling. Disajikan dalam Seminar Internasional Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia 29 s/d 30 Oktober 2011.

Palomba, E. 2007. ICT for Counseling and Careers Guidance Services. Research, Reflections and Innovations in Integrating ICT in Education. (Leece: Università del Salento), hal. 1.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. 2006. Jakarta: Kemenetrian Pendidikan Nasional.

Permendiknas No. 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. 2008. Jakarta: Kementtrian Pendidikan Nasional.

Sujono, Herman Dwi dan Abdul Ghofur. 2010. Potensi Pemanfaatan ICT Dalam Dunia Pendidikan. Cakrawala Pendidikan Juni 2010. Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan.

Susanto, Eko dan Sukri. 2011. E-Sosiometri: Program Analisis Sosiometri untuk Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Disajikan dalam Konvensi Nasional ABKIN XVII Tahun 2011, Pekanbaru, 17 s/d 18 Desember 2011.

Triyanto, Agus. 2006. Aplikasi Teknologi Komputer Untuk Bimbingan Dan Konseling. Paradigma, No. 01 Th. I,Januari 2006. Yogyakarta: Paradigma.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Walter, Sara Meghab . 2003. A School Counseling Program CD-ROM To Foster Family Midle School Engagement. Journal of Technology in Counseling. (Florida: University of Central Florida), hal. 1.

Zamroni, Edris. 2011. Efektifitas Bimbingan Karir Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X-4 SMA 1 Gebog Kudus Tahun 2010/2011. Skripsi (tidak diterbitkan). Kudus: Universitas Muria Kudus.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v2i1.882

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.