MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER YANG EFEKTIF BAGI PESERTA DIDIK

Asep Solikin(1*), Muhammad Andi Setiawan(2)

(1) universitas muhammadiyah palangkaraya
(2) universitas muhammadiyah palangkaraya
(*) Corresponding Author

Sari


Bimbingan kelompok merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh konselor kepada konseli dengan memadukan berbagai aspek pendukung untuk menciptakan layanan yang berkualitas. Salah satu aspek yang dapat dipadukan yaitu dengan nilai nilai karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Karaakter Sebagai Bentuk Upaya Untuk Menciptakan Layanan Bimbingan Kelompok Yang Efektif Bagi Peserta Didik. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE, analisis data yang dipakai yaitu analisis kualitatif dan kuantitaif.  Analisis kualitatif digunakakn untuk mengali data yang bersifat deskriptif dan analisis kuantitatif digunakan untuk mendapatkan data statistic. Hasil penelitian ini menemukan model bimbingan kelompok yang terdiri atas empat tahapan utama yaitu tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan tahapan akhir. Dalam setiap tahapan bimbingan kelompok menanamkan nilai-nilai karakter sehingga pada ahirnya menciptakan layanan yang lebih baik dan efektif bagi peserta didik yang membutuhkan layanan tersebut. Idikator efektif terbukti dengan adanya hasil analisis postest lebih baik dibandingkan dengan hasil pretest. Bagi peneliti selanjutnya harapanya bisa mengembangkan penelitian dilihat dari aspek karakter yang lain agar bimbingan kelompok ini lebih lengkap dan bisa di implementasikan dalam layanan bimbingan dan konseling secara utuh.

__________________________________________________________________

Group guidance is a service in guidance and counseling that counselors carry out to counselees by combining various supporting aspects to create quality services. One aspect that can be combined is character values. This study aims to find a Group Guidance Model Based on Character Values as a Form of Effort to Create Effective Group Guidance Services for Students. The methodology used in this research is developing the ADDIE model, and the data analysis used is qualitative and quantitative. Qualitative analysis is used to analyze descriptive data, and quantitative analysis is used to obtain statistical data. The results of this study found a group guidance model consisting of four main stages, namely the formation, transition, activity, and final stages. In each stage of group guidance, instill character values so that, in the end, it creates better and more effective services for students who need them. Effective indicators are proven by the results of the posttest analysis, which are better than the results of the pretest. For future researchers, it is hoped that they can develop research seen from other aspects of character so that this group guidance is more complete and can be implemented in full guidance and counseling services.


Kata Kunci


Bimbingan Kelompok; Nilai-Nilai Karakter; Layanan Bimbingan Kelompok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Z., & Tamimatul, U. (2020). Classical Guidelines In Building The Confidence Of Grade X IBB Man 3 Students, Bantul Yogyakarta. SULUH Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 06(01), 8–15.

Andriani, M. W., & Hariyani, Y. (2022). Jurnal Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 8(1), 41–47.

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2019). Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Membaca Kritis Pada Siswa SMP Kota Bekasi. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 39. https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.300

Bandini, I., & Sa’adah, N. (2020). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam. 6(2), 94–101.

Bulkani, B., Setiawan, M. A., & Wahidah, W. (2022). The discrepancy evaluation model in the implementation of online learning (on the basis of parents’ perceptions). The Education and Science Journal, 24(2), 116–137. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-2-116-137

Bulkani, Fatchurahman, M., Adella, H., & Setiawan, M. A. (2022). Development of Animation Learning Media Based on Local Wisdom to Improve Student Learning Outcomes in Elementary Schools. International Journal of Instruction, 15(1), 55–72. https://doi.org/https://e-iji.net/volumes/368-onlinefirst

Dewi, N. K. (2016). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Karakter Lokal Jawa Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri (Self Awareness) Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.231

Fatchurahman, M., Setiawan, M. A., & Karyanti, K. (2021). The development of group healing storytelling model in multicultural counselling services in Indonesian schools: Examination of disciplinary cases. The Education and Science Journal, 23(4), 157–180. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2021-4-157-180

Fatchurahman, M., Setiawan, M. A., & Karyanti, K. (2022). Evaluation of the CSE-UCLA model on the performance of school counselor in Indonesia. Perspektivy Nauki i Obrazovania – Perspectives of Science and Education, 56(2), 561–572. https://doi.org/10.32744/pse.2022.2.33

Jamaludin, L., Johari, K. S. K., & Amat, S. (2020). Play Therapy-based Counseling Intervention on the Spiritual Wellness of Neglected Children: An Exploratory Study. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 9(1), 134–146. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v9-i1/6975

Khairani, A., Sugianto, A., & Ildiyanita, R. (2022). Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Mandiri Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 8(1), 62. https://doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.7076

Lianasari, D., & Purwati, P. (2021). Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi Anxiety Academic terhadap Skripsi. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 117. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.9041

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Indonesian Journal of Learning Education and Counseling. Hubungan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Anak, 3(1), 42. http://journal.ilininstitute.com/index.php/IJoLEC/article/view/586/339

Nurbudiyani, L., Purtina, A., & Rahmaniati, R. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Etika Wirausaha. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(2), 94–98.

Pratiwi, S. I. (2020). The Effect of Scout Extracurricular on the Discipline Character of Elementary School Students. Educative: Journal of Educational Sciences, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Rivera Sosa, J. M., Arras Vota, A. M. de G., Tarango, J., Mendoza Meraz, G., & López Alonzo, S. J. (2020). Educación física: Referentes y nociones conceptuales del personal docente en Educación Primaria (Physical education: Conceptual guidelines and notions of elementary education teaching staff). Retos, 2041(39), 298–305. https://doi.org/10.47197/retos.v0i39.58114

Rizma, Y., Muhammad, Y., & Nurmiati. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Whatsapp Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Tentang Penyalahgunaan Napza Di Smp Negeri 15 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6 (2)(1), 62–66. http://ojs.uniska.ac.id/index.php/BKA

Salmiati, S., Hasbahuddin, H., & Bakhtiar, M. I. (2018). Pelatihan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Pemecahan Masalah Siswa. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36. https://doi.org/10.31100/matappa.v1i1.117

Setiawan, M. A. (2016). Mengatasi Perilaku Membolos Melalui Pendekatan Konseling Realita Pada Siswa Kelas VII Di MTS NU Ungaran. SULUH Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 22–28.

Syamsuddin, S., & Juwanto, J. (2019). Model Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Siswa di SMA Pembangunan Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 36. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v4i2.966

Syaparuddin, Meldianus, & Elhami. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.

Trianingsih, R., Inayati, I. N., & Faishol, R. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral Dan Psikososial Siswa Kelas V Sdn 1 Sumberbaru Banyuwangi. Jurnal Pena Karakter (Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter), 2(1), 9–16.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v8i2.7770

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.