DAMPAK CLIENT CENTERED COUNSELING TERHADAP REGULASI DIRI SISWA YANG MENGALAMI PROKRASTINASI AKADEMIK

Frinda Dewi Pertiwi(1*), Nurus Sa`adah(2)

(1) Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Uin Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Sari


Beranekaragamnya perilaku yang dilakukan siswa pasti memberikan dampak positif atau dampak negatif bagi diri, seperti halnya perilaku prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik merupakan salah satu tindakan negatif yang dilakukan siswa secara sadar, dengan menunda penyelesaian tugas dengan lebih mengedepankan keinginan atau hal lain sehingga menjadikan kesenjangan dalam waktu. Diantara faktornya, kurang fahamnya siswa terhadap materi mata pelajaran dan pengaruh teman sebaya yang memberikan hasutan untuk mengedepankan keinginan daripada kebutuhan. Salah satu upaya preventif untuk menangani kasus tersebut yakni menyadarkan siswa dengan menerapkan teknik Client Centered Counseling (CCT) dengan tujuan untuk mengasah regulasi diri siswa dengan kasus yang diperbuat. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek yang diteliti berjumlah 5 siswa yang bertempat di MTs Unggulan Jabal Nur Darussalam. Teknik pengumpulan data menggunakan cara teknik observasi, dan wawancara. Selain itu, analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Adapun hasilnya, ada 4 aspek preventif dalam regulasi diri dari beberapa informan yang melakukan prokrastinasi akademik yakni, dengan regulasi kognitif, regulasi waktu, regulasi sosial, dan regulasi motivasi.

____________________________________________________________________

 

The diversity of behavior carried out by students must have a positive or negative impact on themselves, such as academic procrastination behavior. Academic procrastination is one of the negative actions taken by students consciously, by delaying the completion of assignments by prioritizing desires or other things so as to create gaps in time. Among the factors, students' lack of understanding of the subject matter and the influence of peers who provide incitement to prioritize desires rather than needs. One of the preventive measures to handle these cases is to make students aware by applying the Client Centered Counseling (CCT) technique with the aim of sharpening students' self-regulation with the cases they have committed. The research method used is a qualitative method with a descriptive type. The subjects studied were 5 students who were housed at MTs Unggulan Jabal Nur Darussalam. Data collection techniques using observation techniques, and interviews. In addition, data analysis is carried out by reducing data, presenting data, drawing conclusions. As for the results, there are 4 preventive aspects in self-regulation of some informants who carry out academic procrastination, namely, cognitive regulation, time regulation, social regulation, and motivation regulation.


Kata Kunci


Client Centered Counseling (CCT); Regulasi Diri; Prokrastinasi Akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, Y., Nisa, H., Sari, K., & Dewi Kumala, I. (2021). Perbedaan Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa. Seurune Psikologi Unsyiah, 4(2), 169–184.

Burhan, S. A., & Alwi, M. (2022). CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education Pengaruh Dukungan Keluarga, Konsep Diri Akademik dan Regulasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa UPPJB-UT Makassar (Studi Pada Mahasiswa Pendas Pokjar Tana Toraja). CJPE:Cokroaminito Journal of Primary Education, 5(2), 69–83. https://e-journal.my.id/cjpe

Danni Rosada, U. (2016). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling Model Pendekatan Konseling Client Centered Dan Penerapannya Dalam Praktik.

Faizah, A. N., & Panduwinata, L. F. (2022). Pengaruh Efikasi Diri dan Regulasi Diri terhadap Stress Akademik Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 12(1), 41–50. https://doi.org/10.24036/011166930

Fatimatuzzahroh, S., & Muhid, A. (2022). Pentingnya Pendekatan Client Centered Therapy Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19:Literatur Review. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 7(1), 1–10.

Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 8(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Harahap, D. (2020). Teori Carl Rogers dalam Membentuk Pribadi dan Sosial yang Sehat. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Irsyad

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325–332. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Hilmy Khoiri Muhammad, S. S. (2021). Model Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Di Masa Pandemi.

Laia, B., Florina Laurence Zagoto, S., Theresia Venty Fau, Y., Duha, A., Telaumbanua, K., Permata Sari Lase, I., Ziraluo, M., Magdalena Duha, M., Laia, B., & Luahambowo, B. (2022). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Nias Selatan. Tatema Telaumbanua Ilmiah Aquinas, 10(11), 162–168. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index

Latipun. (2017). Psikologi Konseling (edisi 4 cetakan 10). Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Mahardika, N. (2020). Mereduksi Disfungsional Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4672

Melgaard, J., Monir, R., Lasrado, L. A., & Fagerstrøm, A. (2021). Academic Procrastination and Online Learning during the COVID-19 Pandemic. Procedia Computer Science, 196, 117–124. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.11.080

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Nafeesa. (2018). ANTHROPOS: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. In Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Vol. 4, Issue 1). http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/anthropos

Nurlina, U. T. Y. E. (2022). Perbedaan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI yang Tinggal di Kos dengan yang Tinggal di Rumah Pada SMK Abrurrab Pekanbaru (Vol. 4).

Purnawita, D. R., & Nuzullah, P. A. (2022). Persepsi Guru Biologi Terhadap Materi Evolusi Di SMA Negeri Kota Tanjung Pinang Student Online Journal, 3(1), 553–560.

Rahmadina, N. A., Sulistiyana, & Arsyad, M. (2020). Kontribusi Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 27 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(2), 83–87. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v6i2.3510

Rahman, A., Isnaini, F., Adawiyah, L. R., & Kalsum, U. (2021). Pentingnya Bimbingan Dan Konseling Bagi Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah. Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling (IKA BKI) Al-Mursyid, 3(2), 37–45.

Rahman, D., Masril, Nelisma, Y., & Dasril. (2022). Rfektifitas Konseling Kelompok Realitas Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VII MTsN 6 Padang. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 148–156.

Rahman, T., dkk. (2021, July). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling - Rahman Tanjung, H Cecep, Vina Febiani Musyadad, Hayani Hayani, Yogha Zulvian Iskandar, Nenny Ika Putri Simarmata, Rr Agung Kesna Mahatmaharti - Google Buku. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=aUM6EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+bimbingan+konseling+menurut+beberapa+ahli&ots=OxQ5PEXuCb&sig=xR0BiLk8F6gzCCr7-V31rDZFMgY&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20bimbingan%20konseling%20menurut%20beberapa%20ahli&f=false

Rajapakshe, W. (2021). The Impact of Academic Procrastination, Self-Efficacy, and Motivation on Academic Performance: Among Undergraduates in Non-State Universities in Sri Lanka. Asian Journal of Education and Social Studies, 14(3), 25–38. https://doi.org/10.9734/ajess/2021/v14i330356

Ratna. Sari, A., & Wuri, S. Y. (2019). Hubungan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Siswa di Masa Pandemi Covid-19.

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Rodríguez, S., González-Suárez, R., Vieites, T., Piñeiro, I., & Díaz-Freire, F. M. (2022). Self-Regulation and Students Well-Being: A Systematic Review 2010-2020. Sustainability, 14, 1–26. https://doi.org/10.3390/su14042346

Rusdana, N. L., Fitriana, S., & Mujiono, D. (2022). Analisis Deskriptif Tingkat Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X MIPA Empati Bimbingan Dan Konseling , 9(1), 36–43.

Salahudin, A. (2016). Bimbingan dan Konseling (2016th ed.). CV PUSTAKA SETIA .

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif cetakan pertama (Upu Hamzah, Ed.; 2017th ed.). Pustaka Ramadhan, Bandung.

Schmidt, H. G., Baars, G. J. A., Hermus, P., van der Molen, H. T., Arnold, I. J. M., & Smeets, G. (2022). Changes in examination practices reduce procrastination in university students. European Journal of Higher Education, 12(1), 56–71. https://doi.org/10.1080/21568235.2021.1875857

Serdar, E., Harmandar, D. D., & Mehmet, D. (2021). The Relationship between Academic Procrastination, Academic Motivation and Perfectionism: A Study on Teacher Candidates. In TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol. 20). https://orcid.org/0000-0003-2438-6748https://orcid.org/0000-0003-1454-022X

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D cetakan ke 26 (2017th ed.). Alfabeta.

Susanna, Herliana, F., Elisa, Farhan, A., Rizal, S., & Musdar. (2021). The Effect of Self-regulation and Motivation to Outcomes Learning Using Blended Learning Approach. In Turkish Journal of Computer and Mathematics Education 4226 Research Article (Vol. 12, Issue 6).

Tara, R., & Noviana, K. R. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Masa Pandemi Covid-19

Suardi, W.I., dkk. (2019). Metode Penelitian Sosial. https://www.researchgate.net/publication/344211045

Wiji Al-Qhayu, D., Achmad Ramadhan, Y., & Imawati, D. (2022). Pengaruh Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Penghafal Alqur`an di SMP IT Cordova Samarinda.

Yulia, A.M.I. (2018). Efektifitas Konseling Client Centered Untuk Meningkatkan Kemandirian Mengambil Keputusan Siswa. Pendidikan Budaya Dan Sejarah “Dibalik Revitasi Budaya,” 71–78.

Zulkarnain. (2015). Bimbingan Konseling Islam Individu Dan Kelompok (Vol. 1). http://whend-ry.blogspot.com/2012/01/konseling-Islam.html/.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.7126

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.