TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER MANDIRI BELAJAR SISWA

Annisa Khairani(1*), Akhmad Sugianto(2), Rizky Ildiyanita(3)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Siswa yang memiliki nilai karakter mandiri belajar rendah akan mempengaruhi kepada tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskipsikan dan menganalisis keberhasilan dalam menggunakan teknik self-management berbasis konseling model Konseling, Intensif, Progresif, Adaptif, Struktur (KIPAS) untuk meningkatkan nilai karakter mandiri belajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Banjarmasin. Penelitian ini mengaplikasikan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan pendekatan kualitatif serta model PTBK yang diterapkan pada penelitian ini yaitu model Kurt Lewin serta dilakukan dalam tiga siklus. Sampel diperoleh dari siswa kelas VII sebanyak 6 orang siswa. Sampel ditentukan melalui teknik stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang dimanfaatkan yakni: lembar observasi dengan rubrik penilaian, pedoman wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil rubrik kegiatan peneliti dan siswa, serta hasil tindakan dari pelaksanaan teknik self-management yang telah dibuat, didapatkan hasil adanya peningkatan pada setiap siklus, pada aktivitas peneliti meraih kategori “baik”, pada aktivitas siswa berada pada kategori “aktif”, dan hasil tindakan dari pelaksanaan teknik self-management mencapai kategori “berhasil”. Dari penelitian tindakan yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai karakter mandiri belajar dengan menggunakan teknik self-management.

__________________________________________________________________

 

Students who have low self-study character values will affect the level of student learning outcomes. The purpose of this study was to describe and analyze the success of using self-management techniques based on the KIPAS model in increasing the value of independent learning characters in grade VII students of SMP Negeri 11 Banjarmasin. This research uses the type of Counseling Guidance Action Research (PTBK) using a qualitative approach and the PTBK model used in this study is the Kurt Lewin and carried out in three cycles. The sample of this research is class VII students, totaling 6 students. The sampling technique used is stratified random sampling. Data collection tools used include: observation sheets with assessment rubrics, interview guidelines, and questionnaires.Based on the results of the rubric of research activities, student activities and the results of actions from the implementation of self-management techniques that have been made, the results obtained are an increase in each cycle, the research activity reaches the "good" category, the student activity is in the "active" category, and the results of the action from the implementation of self-management techniques reached the “successful” category. From the action research that has been done, it can be concluded that there is an increase in the value of independent character learning by using self-management techniques.


Kata Kunci


Nilai Karakter Mandiri Belajar; Teknik Self Management; Konseling Model KIPAS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M., & Asrori, M. (2018). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anomsari, P.H. (2017). Upaya Meningkatkan Nilai Kemandirian Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Kembang Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arianti, N., dkk. (2019). Konstruksi Teknik Konseling Berbasis Budaya Model (KIPAS) Untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial dan Kematangan Karier Siswa. Jurnal Nusantara Of Research, 6(1): 26-32.

Dalimunthe, S.S. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Bangunan Ilmu Islamic Studies. Yogyakarta: Depublish.

Eka, S.D., dkk. (2021). Pentingnya Pendekatan Teknik Self Management Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah BK. 4(2): 181-192.

Farozin, M., dkk. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Fathurrohman, P., dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Hariko, R., & Ifdil. (2017). Analisis Kritik Terhadap Model (KIPAS); Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(2): 109-117.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Matappa, A.. (2017). Penerapan Layanan Konseling Individu Dalam Mengatasi Kesulitan Mengemukakan Pendapat Bagi Siswa. Jurnal Konseling, 1(1): 16-29.

Puspitasari, Y.S. (2018). Kefeektifan Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Tesis Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rachman, A., & Sugianto, A., & Yustina, S. (2020). Pemahaman Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Tingkat SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar- Rahman. 6(1): 29-32.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Siska, A., dkk. (2017). Konstruksi Teknik Konseling Berbasis Budaya Model (KIPAS) Untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial dan Kematangan Karier Siswa. Jurnal Nusantara Of Research. 6(1): 26-32.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Mandiri belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbaungan. Jurnal At Tawassuth, 2(2): 368-388.

Wahyuningrum, A., dkk. (2017). Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa MTs. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling. 5(2).

Wahyuningsih, Y.S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Konseling Kelompok Teknik Self-Management Pada Peserta Didik SMP Negeri 3 Pacitan. Jurnal Studi Agama Islam. 14 (1).

Yusuf, S., & Sugandhi, N.M. (2016). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.7076

Refbacks



Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.