IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 9 BLITAR

Elia Firda Mufidah(1), Peppy Sisca Dwi Wulansari(2), Mudhar Mudhar(3*)

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) SMPN 9 Blitar
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Kurikulum merdeka menjadi hal baru yang di dunia pendidikan. Layanan bimbingan dan konseling diharapkan mampu untuk menyesuaikan dengan kurikulum merdeka. Bimbingan dan Konseling sebagai bagian dari unsur yang ada disekolah diharapkan mampu untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka atau merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memaparkan layanan bimbingan karier yang mendukung kurikulum merdeka di SMPN 9 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian yakni 2 guru bimbingan dan konseling SMPN 9 Blitar yang diambil secara purposive sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan wawancara dan observasi. Peneliti membuat pedoman wawancara meliputi pemahamn terkait kurikulum merdeka, sumber untuk mempelajari kurikulum merdeka dan bagaimana implementasi layananHasil dari penelitian ini diperoleh data layanan bimbingan dan konseling bidang karier di SMPN 9 Blitar mengadaptasi model project based learing dimana pemberian proyek mading info sekolah lanjutan dan pohon karier. Siswa terlihat aktif dalam mengikuti layanan bimbingan karier yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling.

_____________________________________________________________________

 

Kurikulum Merdeka (An independent curriculum) is a new thing in the world of education. Guidance and counseling services are expected to be able to adapt to the independent curriculum. Guidance and Counseling as part of the existing elements in schools is expected to be able to support the implementation of  kurikulum merdeka or merdeka belajar. The purpose of this study is to describe career guidance services that support the independent curriculum at SMPN 9 Blitar. This research uses a case study qualitative approach. The research subjects were 2 guidance and counseling teachers at SMPN 9 Blitar which were taken by purposive sampling. Retrieval of research data using interviews and observation. Researchers made interview guidelines covering understanding related to kurikulum merdeka, sources for studying the kurikulum merdeka and how to implement services. The results of this study obtained data on career guidance and counseling services at SMPN 9 Blitar adapting a project based learning model in which the project provides information on high school information and career trees. Students are seen to be active in participating in career guidance services provided by guidance and counseling teachers.


Kata Kunci


kurikulum merdeka; bimbingan dan konseling; layanan bimbingan dan konseling karier

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayuni, B. Q., Umaria, S. R., & Putri, A. (2021). Cybercounseling Sebagai Inovasi Konselor Menghadapi Tantangan Disrupsi Pada Era Society 5.0. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 100. https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5842

Deklay Nainggolan, Hans F. Pontororing, D. T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Educouns Journal: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 132–138. https://doi.org/10.26740/jvte.v1n1.p28-37

Firda, E., & Atikah, J. F. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling Ditengah Pandemi COVID-19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 490–494.

Hanifah, N., & Fahyuni, E. F. (2021). Eksistensi Layanan Bimbingan Konseling di Masa Pandemi COVID-19. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 180. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.9430

Hanurawan, F. (2016). Metode penelitian kualitatif untuk ilmu psikologi. PT RajaGrafindo Persada.

Harahap, D. (2019). Konsep Dasar Bimbingan Konseling Karir dan Perspektif Islam. AL-IRSYAD: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 251–270.

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka.

Lubis, S., Wardhana, R., Sidabutar, A. A., & Sari, D. E. (2021). Pembelajaran dengan Metode Project Based Learning di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021.

Mayra, Z. (2019). PERKEMBANGAN ASPIRASI KARIR SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIR (STUDY MIXED METHOD SD, SMP DAN SMA DI KOTA SEMARANG) [UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]. http://lib.unnes.ac.id/40865/1/UPLOAD ZARA MAYRA.pdf

Mufidah, E. F., & Widyastuti, A. (2021). Konselor Sebaya dalam Keterbatasan Waktu Konselor Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Di Era Pandemi Covid 19. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 27. https://doi.org/10.24014/ittizaan.v4i1.13959

Ratnasari, & Neviyarni. (2021). Peran Guru BK ( Bimbingan dan Konseling ) Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 4051–4056. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1504/1318

Rosadi, H. Y. (2020). Tantangan Menjadi Guru Bk Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira., April, 5–24.

Sharf, R. . (1992). Applying Career Development Theory to Counseling. Brooks/ Cole Publishing Company.

Shaughnessy, J. J., Zechmeister, E. B., & Zechmeister, J. S. (2007). Metodologi penelitian psikologi. Edisi Ke-7. Pustaka Pelajar.

Tarsidi, D. (2007). Teori Perkembangan Karir Diintisarikan dari Zunker , Vernon G . ( 1986 ). Career Counseling : Applied Concepts of Life Planning . Second Edition . Chapter 2 : Theories of Career Development . Monterey , California : Brooks / Cole Publishing Company. 1–31. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195106011979031-DIDI_TARSIDI/Makalah%26Artikel_Tarsidi_PLB/Teori_Perkembangan_Karir.pdf

Tim Pusat Kurikulum dan Perbukuan, K. P. dan, & Indonesia, K. R. (2021). Model inspiratif layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar.

Yusfandaria, Y. (2019). Upaya Mengembangkan Kemampuan Bakat Melalui Layanan Bimbingan Karir Dengan Strategi Problem Solving Peserta Didik Kelas X Ips.2 Sma Negeri 18 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 60. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2756

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Keputusan Karir Pada Program Peminatan Siswa Smp. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 130–136. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/4618




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.6916

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.