STARTEGI INTERVENSI PENGEMBANGAN KARAKTER REMAJA DALAM SISTEM NILAI MENUJU INDONESIA EMAS

jarkawi jarkawi(1*)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Uniska MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Masa remaja merupakan suatu tahapan perkembangan dari awal remaja pada rentang usia kronologis
13/14 tahun sampai dengan akhir remaja pada usia kronologis 18/19 tahun. Perkembangan remaja yang
optimal akan membentuk karakter bermutu dan kompetitif namun apabila perkembangan remaja
terhambat perkembangannya karena ketidak mampuan dalam suatu kompleksitas kehidupan tentu akan
membentuk karakter yang kurang baik. Remaja dalam perkembangan karakternya akan dihadapkan
pada suatu pilihan menerima atau menolak untuk melakukan sesuatu dengan dasar pemikiran, persepsi
atau suatu landasan nilai dalam suatu sistem nilai, baik itu nilai teologis, etis, estetis, fisiologis, logis
dan teleologis yang dipilihnya ini akan tumbuh dan berkembang dalam suatu rule life sistem (RLS)
remaja seiring dengan gerakan soisial sebagai dampak globaliasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi imformasi. Untuk perkembangan karakter remaja berumutu dan kompetitif di era globaliasi
perlu suatu strategi intervensi Psikoeducation value dengan SGDPK (small grouf discussion) agar
remaja dapat memberdayakan potensi dirinya untuk belajar dan berpikir yang bermutu dan kompetitif.
Konsep ini untuk menjadi suatu bahan pemikiran dalam mengembangkan karakter remaja dalam suatu
sitem nilai serta sebagai bahan kajian kebijakan publik yang strategis dalam mengembangkan karakter
remaja menuju Indonesia emas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buseri, Kamrani. 2004. Nilai-Nilai Ilahiah Remaja Pelajar. Yogyakarta: UII Press Yoyakarta

Geldard Kathryn. 2012. Konseling Remaja. Yoyakarta: Pustaka Pelajar

Hughes, A.G & E.H. Hughes. 2012. Learning &Teaching. Bandung: Penerbit Nuansa

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Buletin Jendela Data Informasi Kesehatan. Jakarta: Semester I. Juli

Khan, Yahya. D. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yoyakarta: Pelangi Publishing

King, Laura A. 2013. Psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Makmun, Abin Syamsudian. 2000. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyana. Rohmat. (2004) Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Albeta

Mulyasana, Dedy. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Sanusi, Achmad. 2015. Sistyem Nilai. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia

_______(2009) Spiral Dynamics. Bandung: Nusantara Education Review Program Pascasarjana

Universitas Islam Nusantara

Sauri, Supyan R. 2016. Menumbuhkan Pendidikan Bermutu Berbasis Karakter. Prosiding Seminar

Nasional. Bandung: Penerbit Panitia Lustrum III Program Pasca Sarjana Universitas Islam

Nusantara.

Suharsaputra, Uhar (2015) Manajemen Pendidikan Tinggi. Bandung: PT Refika Aditama

Sutikno, Sobary (2006) Pendidikan Sekarang dan Masa Depan. Mataraman, NTP press

Tilaar, H.A.R (2015) Pedagogik Teoritis Untuk Indonesia. Jakarta: Kompas Media Nusantara

Tilaar, H.A.R. 2012. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Wening, Sri. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan

Karakter TH 2 No 1. hal 55-66




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v2i1.668

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.