ANALISIS MINAT BELAJAR MAHASISWA FIP UNG DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMIK COVID-19

Idriani Idris(1), Nurul Maulida Alwi(2*), Rifda Mardia Arif(3), Salim Korompot(4), Meiske Puluhulawa(5)

(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(4) Universitas Negeri Gorontalo
(5) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa FIP UNG dalam pembelajaran jarak jauh. Desain penelitian menggunakan pendekatan studi cross sectional merupakan bagian dari penelitian deskriptif kuantitatif untuk menghitung persentase minat belajar mahasiswa dari 5 jurusan yang berbeda di FIP UNG. Subyek penelitian sebanyak 271 mahasiswa FIP UNG diperoleh dari 13% dari 2.110 mahasiswa FIP UNG semester genap 2020/2021 jurusan BK, PAUD, MP, PLS dan PGSD. Menggunakan skala likert berjumlah 24 nomor pernyataan yang telah valid dengan skor reliabilitas 0.89. Menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar mahasiswa FIP UNG dalam pembelajaran jarak jauh memperoleh rata-rata 69.88% (Sedang). Pada indikator perasaan senang memperoleh capaian skor 74,3%, keterlibatan memperoleh 71,2%, ketertarikan memperoleh 77%, perhatian memperoleh 71,6%. Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar dapat menindaklanjuti dengan memberikan treatment atau perlakuan sebagai solusi untuk meningkatkan atau mempertahankan minat belajar mahasiswa tidak hanya dilingkungan FIP UNG tetapi juga di berbagai fakultas dan universitas lainnya, berupa metode dan strategi belajar yang matching¸menyenangkan dan mudah dipahami dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik covid-19 sehingga mahasiswa aktif dalam pembelajaran.

_________________________________________________________________

 

This study aims to determine the learning interest of FIP UNG students in distance learning. This sudy design uses cross sectional study approach that is part of quantitative descriptive research to account the percentage of learning interest students from 5 different departments in FIP UNG. Subjects of study are 271 sudents in FIP UNG students taken from 13% of 2,110 students of the FIP UNG semester 2020/2021 from the Departments of BK, PAUD, MP, PLS and PGSD. This study used an instrument with a likert scale, totaling 24 statement numbers that was valid and with reliability score is 0.89. used descriptive data analysis. The results showed that the learning interest of the students in Faculty of Education, State University of Gorontalo in distance learning showed that  an average of 69.88%, this shows that the learning interest of FIP UNG students in distance learning is in the moderate category. The happy feeling indicator got a score of 74.3%, the involvement indicator got a score of 71.2%, the interest indicator got a score of 77%, the attention indicator got a score of 71.6%. It is recommended for further research that it can be obtained by providing treatment as a solution to increase or maintain student interest in learning not only in FIP UNG but also ini other faculty and university environment and in various other architectures and universities, as like some methods and strategies learning that are matching, fun and easy to understand in distance learning during the covid-19 pandemic so that students are active in learning.

 


Kata Kunci


Mahasiswa; minat belajar; pembelajaran jarak jauh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z., Hudaya, A., Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Aji, R, H, S. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Alwi, N. M., Korompot, S., & Sulkifly, Umar, N. F. (2021). Penerapan Mind Mapping Method untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Sebagai Persiapan Menghadapi Pasca Pembelajaran Jarak Jauh. 2(2), 74–82.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. (Rev. Ed). Jakarta: Rineka Cipta.

Dhewi, I. N. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Mata Pelajaran Tata Hidang Siswa Kelas X Program Studi Keahlian Tata Boga di SMK N 3 Purworejo.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–120.

Hidayatullah, Gusniwati, & Buhaerah. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII MTS Yasrib Batu-Batu Pada Masa Covid-19. Pi:Mathematics Education Journal, 4(1), 1–9.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37–46.

Kahfi, A. (2020). Tantangan dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 03(2), 137–154. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.5037881

Mulyanti, B., Purnama, W., & Pawinanto, R. E. (2020). Distance Learning in Vocational High Schools During The Covid-19 Pandemic in West Java Province, Indonesia. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 271–282. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24640

Permendikbud No. 109. (2013). Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa ( Studi Kasus : Perguruan Tinggi di Kota Palembang ). Jurnal Jatisi (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 3(2), 105.

Putri, A., & Yuline, Y. (2021). Stress Akademik dan Coping Mahasiswa Menghadapi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 55–61. https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5313

Qazi, A., Qazi, J., Naseer, K., Zeeshan, M., Qazi, S., Abayomi-Alli, O., Said Ahmad, I., Darwich, M., Ali Talpur, B., Hardaker, G., Naseem, U., Yang, S., & Haruna, K. (2021). Adaption of Distance Learning to Continue The Academic Year Amid Covid-19 Lockdown. Children and Youth Services Review, 126, 1–20. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106038

Riamin. (2016). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79–92. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Sawia, H., Adiba, S. R., & Maelani, S. S. (2021). Pengaruh Belajar Online Terhadap Minat Belajar Peserta Didik: Belajar Online, Minat Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Septantiningtyas, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 131–135. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.714

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tabah, J., Nurbayan, S., & Nurhasanah. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan IPS di SMAN 4 Kota Bima. EDU SOCIATA (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 4(2), 98–112. https://repository.unja.ac.id/20216/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/20216/12/LAMPIRAN.pdf

Toisuta, J. S. (2021). Peran Dosen Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(1), 24–43. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i1.178

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warkintin, & Setyawan, A, E. (2021). Efektivitas E-Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid 19 Terhadap Minat Belajar Siswa SMP N 1 Kecamatan Kayan Hilir. JUTECH: Journal Educaion and Technology, 2(1), 21–32.

Yodha, S., Abidin, Z., & Adi, E. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 181–187. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p181

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.6536

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.